Marcelia, Dea (2025) GAMBARAN PROSES PENDISTRIBUSIAN MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RS MEDIKA INSANI TANJUNG BARU KECAMATAN BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2025. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG.
LEMBAR SAMPUL .pdf
Download (92kB)
ABSTRAK .pdf
Download (139kB)
KATA PENGANTAR .pdf
Download (293kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (154kB)
BAB I .pdf
Download (227kB)
BAB II .pdf
Download (354kB)
BAB III .pdf
Download (266kB)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
BAB V .pdf
Download (125kB)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (137kB)
LAMPIRAN _compressed.pdf
Download (796kB)
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan gizi di rumah sakit disesuaikan dengan kondisi pasien dan mencakup berbagai kegiatan untuk mencapai status gizi yang optimal. Salah satu aspek penting pelayanan gizi adalah penyelenggaraan makanan salah satunya yaitu pendistribusian makanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak rumah sakit yang belum memenuhi standar pendistribusian makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendistribusian makanan di rumah sakit dengan berfokus pada ketepatan waktu, sisa makanan pasien, dan kepuasan pasien terhadap pelayanan pramusaji di rumah sakit.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dilakukan dengan cara observasi dan wawancara menggunakan lembar checklist, form visual comstock dan kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu pasien rawat inap kelas III sebanyak 40 pasien. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2025.
Hasil penelitian menunjukkan penilaian pendistribusian makanan di rumah sakit Medika Insani Tanjung Baru 2025 didapatkan hasil 66,66% tidak tepat waktu pada makan malam. Penilaian sisa makanan pada pasien rawat inap kelas III dengan sisa makanan <20 yaitu didapatkan hasil makan pagi sebesar 16, 27%, makan siang 9,6% dan makan malam 9,32% dengan rata rata 11,73%, maka dapat disimpulkan sisa makanan di rumah sakit Medika Insani tahun 2025 berada diatas standar yang ditetapkan. Penilaian terhadap kepuasan pelayanan pramusaji penilaian pasien terhadap pramusaji berdasarkan berpakaian memiliki presentase pasien merasa puas paling tinggi sebesar 82,5%, utamakan pasien memiliki presentase sangat puas sebesar 27,5%, dan salam sapa memiliki presentase kurang puas sebesar 10%. Kesimpulan penelitian ini adalah rumah sakit Medika Insani Tanjung Baru masih tergolong baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti modifikasi lauk nabati, perubahan jam distribusi makanan dan pelayanan pramusaji harus lebih ditingkatkan lagi pada keramahan petugas
Kata kunci : ketepatan waktu, sisa makanan, kepuasan pasien
Daftar Pustaka : 30 (2008 – 2024)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi Program Studi DIII Gizi |
| Depositing User: | ruang baca Bidan |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 04:30 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 04:30 |
| URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7547 |
