TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON BANDAR LAMPUNG

HABIFASYA, NADILA PUTRI (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL DILA.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK DILA.pdf] Text
ABSTRAK DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR DILA.pdf] Text
KATA PENGANTAR DILA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI DILA.pdf] Text
DAFTAR ISI DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1 DILA.pdf] Text
BAB 1 DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 2 DILA.pdf] Text
BAB 2 DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 3 DILA.pdf] Text
BAB 3 DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 4 DILA.pdf] Text
BAB 4 DILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5 DILA.pdf] Text
BAB 5 DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DILA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DILA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of LAMPIRAN DILA.pdf] Text
LAMPIRAN DILA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Mutu pelayanan kefarmasian sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Sebagai indikatornya adalah lima dimensi penilaian atas tingkat kepuasan yakni kehandalan reability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles). Puskesmas sebagai fasilitas pertama yang banyak digunakan oleh peserta BPJS harus memiliki mutu pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas guna memberikan kepuasan pada pasien. Kepuasan pasien dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke puskesmas yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana peneliti
membagikan kuisioner kepada pasien BPJS saat pasien sedang menunggu obat kemudian peneliti melakukan wawancara. Survei dilakukan pada pasien atau keluarga pasien yang menerima pelayanan obat di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung pada bulan Juni 2024.
Berdasarkan Hasil Penelitian Data yang diolah menggunakan skala likert menunjukan bahwa Hasil persentase dari kepuasan berdasarkan 5 dimensi di dapatkan hasil persentase reablility (94%), responsive (94%), assurance (94%), empathy (94%), tangible (94%). Hasil dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan masuk kedalam kategori Sangat Puas dengan persentase sebayak 94%.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Pasien BPJS, Pelayanan Kefarmasian, Kedaton Bandar Lampung
Daftar Bacaan : 18 (2002-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi Program Studi D-III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:19
Last Modified: 24 Sep 2024 03:19
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010

Actions (login required)

View Item
View Item