RANESTI, ADEL (2021) PENERAPAN EDUKASI DENGAN MEDIA BIGBOOK UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET ANAK PRASEKOLAH TERHADAP AN.F DI PMB SITI JAMILA, S.ST. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.
LEMBAR SAMPULL.pdf
Download (151kB)
ABSTRAK.pdf
Download (93kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (540kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (142kB)
BAB I.pdf
Download (154kB)
BAB II.pdf
Download (276kB)
BAB III.pdf
Download (112kB)
BAB IV.pdf
Download (238kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
BAB VI.pdf
Download (88kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (89kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang penting dikembangkan pada anak untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Media Bigbook adalah sebuah media pembelajaran yang berupa buku bacaan yang memiliki ukuran, tulisan, dan gambar yang besar dan memiliki warna yang menarik yang pantas digunakan untuk anak belajar mengenal huruf.
Tujuan studi kasus yaitu dapat memberikan penatalaksanaan penerapan edukasi media Bigbook alphabet untuk kemampuan mengenal huruf anak prasekolah. Metode asuhan yang diberikan asuhan kebidanan pada anak dengan penerapan edukasi media Bigbook alphabet pada An. F usia 4 tahun 8 bulan di PMB Siti Jamila, S.ST sejak bulan Februari-Mei dengan metode dokumentasi menggunakan manajemen kebidanan pendekatan 7 langkah varney dan SOAP.
Setelah di lakukan penatalaksanaan terhadap An. F usia 4 tahun 8 bulan kemampuan mengenal huruf anak meningkat yang dilakukan 7 hari selama 10-15 menit pada kunjungan ke-2 anak sudah bisa mengenal dan menyebutkan beberapa huruf dan masih kesulitan dalam mengenal huruf, pada kunjungan ke-3 anak sudah dapat mengenal dan menyebutkan beberapa huruf dan angka tetapi belum dapat mengenal semua huruf a-z, pada kunjungan ke-4 anak sudah mampu mengenal dan menyebutkan beberapa huruf dan angka tetapi masih ada beberapa huruf yang menyebutkannya masih ada yang salah, pada kunjungan ke-5 anak sudah bisa mengenal dan menyebutkan beberapa huruf yang menyebutkannya masih acak-acakan dan tertinggal, pada kunjungan ke-6 anak sudah bisa mengenal dan menyebutkan huruf dan angka dan hampir sempurna menyebutkan semua huruf a-z, pada kunjungan ke-7 anak sudah dapat mengenal dan menyebutkan huruf dan angka dan hampir sempurna menyebutkan semua huruf a-z tanpa bantuan
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Bigbook dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet pada anak prasekolah sehingga media Bigbook ini disarankan dapat memudahkan anak dalam mengenal huruf pada anak prasekolah.
Kata Kunci : Media Bigbook, Kemampuan mengenal huruf, Anak prasekolah
Daftar bacaan : 11 (2015-2020
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan Program Studi DIII Kebidanan |
Depositing User: | agus abang setiawan |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 08:21 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 08:21 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/607 |