Maharani, Dita Ardelia (2025) GAMBARAN STIMULASI DAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH TK RABBANI KELURAHAN BUMI WARAS BANDAR LAMPUNG TAHUN 2025. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TANJUNG KARANG.
01_LEMBAR SAMPUL .pdf
Download (129kB)
02_ABSTRAK.pdf
Download (151kB)
03_KATA PENGANTAR_compressed.pdf
Download (391kB)
04_DAFTAR ISI.pdf
Download (255kB)
05_BAB I.pdf
Download (222kB)
06_BAB II.pdf
Download (407kB)
07_BAB III.pdf
Download (262kB)
08_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (304kB)
09_BAB V.pdf
Download (165kB)
010_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
011_LAMPIRAN_compressed_compressed.pdf
Download (653kB)
Abstract
ABSTRAK
Program intervensi dan bantuan kesehatan sering memprioritaskan desa lokus stunting, terutama dalam penanggulangan stunting, kondisi pertumbuhan terhambat anak – anak yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi kronis. Berdasarkan hasil SKI 2023 di daerah Provinsi Lampung proporsi kelengkapan pengisian buku KIA bagian pemantauan perkembangan pada anak usia 0 – 59 bulan yang terisi lengkap 31,9% yang tidak terisi lengkap sebanyak 41,9% dan yang tidak terisi 26,2%. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran stimulasi dan perkembangan anak prasekolah TK Rabbani Kelurahan Bumi Waras, Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif ini untuk mengetahui gambaran stimulasi dan perkembangan anak prasekolah dengan menggunakan instrument berupa kuesioner. Jumlah populasi adalah seluruh siswa di TK Rabbani. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan total sampel 41 siswa. Analisa data menggunakan analisis univariat.
Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa stimulasi dan perkembangan anak usia pra sekolah di daerah lokus stunting kelurahan Bumi Waras Bandar Lampung di TK Rabbani dengan 41 responden, hasil perkembangan sesuai 70,7%, meragukan 26,8% dan penyimpangan 2,4% sedangkan stimulasi baik 58,5%, sangat baik 31,7% cukup baik 9.5% dan pengetahuan ibu kategori baik 65,5%, cukup 29,3%, rendah 4,9%. Saran pada penelitian ini yaitu, ibu dapat menstimulasi anak secara rutin sesuai usianya agar perkembangan anak optimal. Saat kegiatan belajar di sekolah guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan bisa melakukan kegiatan mengasah kemampuan anak.
Kata Kunci : perkembangan, stimulasi, pengetahuan ibu
Daftar Bacaan : 33 (2017 – 2025)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi Program Studi DIII Gizi |
| Depositing User: | ruang baca Bidan |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:54 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:54 |
| URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7829 |
