GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN PRAMUSAJI, SISA MAKANAN BIASA DAN ASUPAN ZAT GIZI PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT IMANUEL BANDAR LAMPUNG TAHUN 2024

Imanuel, Cendana Permata (2025) GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN PRAMUSAJI, SISA MAKANAN BIASA DAN ASUPAN ZAT GIZI PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT IMANUEL BANDAR LAMPUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL .pdf] Text
LEMBAR SAMPUL .pdf

Download (44kB)
[thumbnail of ABSTRAK ..pdf] Text
ABSTRAK ..pdf

Download (17kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR .pdf] Text
KATA PENGANTAR .pdf

Download (481kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of BAB  I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_compressed (1).pdf] Text
LAMPIRAN_compressed (1).pdf

Download (542kB)

Abstract

ABSTRAK

Kepuasan menjadi salah satu refleksi dari mutu pelayanan gizi yang berpengaruh terhadap keseluruhan penilaian rumah sakit dan berimplikasi pada peningkatan pemasukan rumah sakit, pelayanan gizi yang dilakukan oleh instalasi gizi, penyelenggaraan dan pelayanan makanan, serta kecukupan konsumsi makanan pada kelompok atau perorangan untuk mengetahui asupan zat gizi dari makanan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasaan pelayanan makanan, sisa makanan dan asupan zat gizi pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung.
Pada penelitian ini menggunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan cross sectional deskriptif yang mendapat makan biasa dengan variabel kepuasaan pelayanan makanan, sisa makanan dan asupan gizi, pengumpulan data dengan wawancara menggunakan alat bantu lembar checklist, form visual comstock dan kuisioner food recall 24 jam dengan jumlah populasi 40 sample.
Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pelayanan makanan terhadap pramusaji di Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung sudah dalam kategori puas dalam aspek reabillity 4,26, responsiveness 4,25, asurance 3,79, emphaty 4,07 dan tangible 4,53. Untuk sisa makanan berada <20% yaitu 14,66% selama satu hari sisa makanan berada pada indikator sedikit. Tingkat asupan gizi makro dikatakan normal pada kebutuhan energi pasien dalam persentase 60%, kecukupan protein jumlah 67,5%, kecukupan lemak dikatakan normal dengan jumlah 60% dan kecukupan karbohidrat dengan angka defisit tertinggi yaitu 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah RS Imanuel Bandar Lampung tergolong sangat baik untuk pelayanan pramusaji dan tingkat sisa makanan nya, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti meningkatkan tingkat pengetahuan pramusaji terkait makanan yang disajikan kepada pasien, modifikasi sayuran, dan edukasi kepada pasien mengenai pentingnya tidak makan makanan dari luar rumah sakit.

Kata kunci : Kepuasaan Pelayanan Makanan, Sisa Makanan, Asupan Zat Gizi
Daftar Pustaka : 17 (2016-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi Program Studi DIII Gizi
Depositing User: ruang baca Bidan
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:04
Last Modified: 23 Oct 2025 02:04
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item
View Item