Agustine, Reviena (2029) GAMBARAN STIMULASI DAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD DAHLIA DESA LOKUS STUNTING NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2025. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG.
![LEMBAR SAMPUL.pdf [thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (37kB)
![ABSTRAK.pdf [thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (16kB)
![KATA PENGANTAR.pdf [thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (677kB)
![DAFTAR ISI.pdf [thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (163kB)
![BAB 1.pdf [thumbnail of BAB 1.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (87kB)
![BAB 2.pdf [thumbnail of BAB 2.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Download (186kB)
![BAB 3.pdf [thumbnail of BAB 3.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (118kB)
![BAB 4.pdf [thumbnail of BAB 4.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (124kB)
![BAB 5.pdf [thumbnail of BAB 5.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (14kB)
![Daftar Pustaka.pdf [thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (118kB)
![LAMPIRAN_compressed (2).pdf [thumbnail of LAMPIRAN_compressed (2).pdf]](http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN_compressed (2).pdf
Download (903kB)
Abstract
ABSTRAK
Peraturan Presiden No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting menetapkan bahwa stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh infeksi dan kekurangan gizi yang berkelanjutan. Masalah ini tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan fisik anak, tetapi juga berdampak pada kemampuan belajar, kecerdasan, dan produktivitas di masa dewasa. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui gambaran stimulasi dan perkembangan anak usia prasekolah umur 3-5 tahun di Paud Dahlia Natar Lampung Selatan.
Dalam penelitian ini jenis metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan kuisioner. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui gambaran stimulasi dan perkembangan anak usia 3-5 tahun di Paud Dahlia dengan 40 sampel. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh.
Pengolahan data dilakukan dengan cara editing, coding dan entery data. Analisi univatiat, analisi ini digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik setiap variabel penelitian.
Hasil penelitian tingkat stimulasi pada anak di Paud Dahlia mayoritas dengan kategori sangat baik. Pada hasil perkembangan anak mayoritas dengan kategori sesuai, namun masih ada 1 anak yang menyimpang. Hasil pengetahuan ibu yaitu (100%) dengan kategori baik, sementara itu untuk hasil status gizi dengan indeks BB/U diperoleh mayoritas anak dengan kategori normal, untuk TB/U mayoritas dengan kategori normal, dan IMT/U mayoritas dengan kategori Gizi normal. Stimulasi, perkembangan, pengetahuan ibu dan status gizi sudah berada dikategori yang baik. Orangtua harus meningkatkan lagi pengetahuan terkait stimulasi untuk membantu perkembangan anak agar lebih optimal.
Kata kunci : Stimulasi, Perkembangan anak prasekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi Program Studi DIII Gizi |
Depositing User: | ruang baca Bidan |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 01:28 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7521 |