Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Laboratorium Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi

Samosir, Fitriana Boru (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Laboratorium Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kepuasan pasien merupakan salah satu parameter yang menentukan kualitas pelayanan yang diberikan.Pasien yang merasa puas dengan layanan yang diberikan, otomatis meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Karena pasien akan kembali menggunakan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan laboratorium dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 orang.Metode pengambilan sampel dengan accidental sampling.Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan diagram kartesius dan bivariate menggunakan uji statistik Chi-square untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diketahui tingkat kesesuaian antara harapan dan kepentingan berdasarkan lima dimensi yaitu bukti fisik (Tangible) 90,47%, dimensi kehandalan (Reliability) 91,12% menunjukkan hasil belum memuaskan, sedangkan pada dimensi daya tanggap (Responsiveness) 92,25%, dimensi jaminan (Assurance) 94,04%, dan dimensi empati (Emphaty) 92,76% menunjukan hasil sudah memuaskan. Dan kemudian hasil uji bivariat tingkat pendidikan pasien terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05 dan pekerjaan terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05sehingga tidak ada hubunganyang signifikan antara pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien.

Kata kunci :Tingkat Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Laboratorium, dan Importance Performance Analysisi (IPA)
Daftar Bacaan :29 (2007-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Analis Kesehatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:57
Last Modified: 26 Jul 2024 08:57
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item
View Item