WATI, OKTA DWI PUJA (2024) HUBUNGAN PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H.ABDUL MOELOEK TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
HALAMAN SAMPUL.pdf
Download (53kB)
ABSTRAK.pdf
Download (42kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (589kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (22kB)
BAB I.pdf
Download (93kB)
BAB II.pdf
Download (167kB)
BAB III.pdf
Download (175kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
BAB V.pdf
Download (16kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (80kB)
LAMPIRAN (2).pdf
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan seseorang, 
pelayanan yang tepat dan sesuai standar akan memberikan kepuasan bagi pasien 
untuk menilai kinerja layanan kesehatan. Bedasarkan hasil wawancara yang 
dilakukan pada bulan Desember 2023 di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD DR. H. 
Abdul Moeloek Provinsi Lampung, terhadap 10 responden ada 6 responden (60%) 
mengatakan ada beberapa perawat yang ketika melakukan tindakan tidak 
menjelaskan tindakan yang akan dilakukan, pasien juga mengeluh pada perawat 
namun perawat tidak segera mengambil tindakan. Tujuan penelitian ini untuk 
mengetahui hubungan pelayanan perawat dan komunikasi dengan kepuasan pasien 
di ruang rawat inap bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek provinsi Lampung. 
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April. Jenis penelitian ini 
menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif analitik 
melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 
responden penentuan sampel penelitian menggunakan sampel aksidental sampling. 
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan variabel 
dependen kepuasan pasien dengan variabel independent pelayanan perawat dan 
komunikasi perawat digunakan uji Chi-square, dengan analisis univariat dan 
bivariat. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar distribusi frekuensi 
responden dengan komunikasi yang diperoleh dari perawat kategori selalu sebesar 
94% (78 orang). pelayanan yang diperoleh dari perawat kategori baik sebesar 
96,4% (80 orang), sedangkan hasil korelasi didapatkan p-value = 0,000 < 0,050 
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan 
perawat dan komnikasi dengan kepuasaan pasien di ruang rawat inap bedah RSUD 
Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2024. Saran Perawat perlu 
mempertahankan pemberian pelayanan yang baik dengan member pelayanan tepat, 
cepat, selalu tersenyum dan ramah terhadap pasien.  
Kata Kunci 
Referensi 
: Komunikasi, Pelayanan, Kepuasan 
: 33 (2016-2022)
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RD Surgery | 
| Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan | 
| Depositing User: | agus abang setiawan | 
| Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:28 | 
| Last Modified: | 16 May 2025 07:57 | 
| URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904 | 
