HUBUNGAN PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H.ABDUL MOELOEK TAHUN 2024

WATI, OKTA DWI PUJA (2024) HUBUNGAN PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H.ABDUL MOELOEK TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL.pdf] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (2).pdf] Text
LAMPIRAN (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan seseorang,
pelayanan yang tepat dan sesuai standar akan memberikan kepuasan bagi pasien
untuk menilai kinerja layanan kesehatan. Bedasarkan hasil wawancara yang
dilakukan pada bulan Desember 2023 di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD DR. H.
Abdul Moeloek Provinsi Lampung, terhadap 10 responden ada 6 responden (60%)
mengatakan ada beberapa perawat yang ketika melakukan tindakan tidak
menjelaskan tindakan yang akan dilakukan, pasien juga mengeluh pada perawat
namun perawat tidak segera mengambil tindakan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan pelayanan perawat dan komunikasi dengan kepuasan pasien
di ruang rawat inap bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek provinsi Lampung.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif analitik
melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83
responden penentuan sampel penelitian menggunakan sampel aksidental sampling.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan variabel
dependen kepuasan pasien dengan variabel independent pelayanan perawat dan
komunikasi perawat digunakan uji Chi-square, dengan analisis univariat dan
bivariat. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar distribusi frekuensi
responden dengan komunikasi yang diperoleh dari perawat kategori selalu sebesar
94% (78 orang). pelayanan yang diperoleh dari perawat kategori baik sebesar
96,4% (80 orang), sedangkan hasil korelasi didapatkan p-value = 0,000 < 0,050
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan
perawat dan komnikasi dengan kepuasaan pasien di ruang rawat inap bedah RSUD
Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2024. Saran Perawat perlu
mempertahankan pemberian pelayanan yang baik dengan member pelayanan tepat,
cepat, selalu tersenyum dan ramah terhadap pasien.
Kata Kunci
Referensi
: Komunikasi, Pelayanan, Kepuasan
: 33 (2016-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: agus abang setiawan
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:28
Last Modified: 26 Jul 2024 08:28
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item
View Item