HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI RS YUKUM MEDICAL CENTRE LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023

SARI, ISMA YUNITA (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI RS YUKUM MEDICAL CENTRE LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Tugas rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat terutama di wilayah cakupannya. Sedangkan fungsi rumah sakit adalah menyelenggarakan pelayanan spesialistik atau medik sekunder dan pelayanan subspesialistik atau medik tersier. Sedangkan kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien, manajemen rumah sakit dapat melakukan peningkatan mutu pelayanan. Prosentase pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan berdasarkan hasil survai dengan instrument yang berlaku. Berdasarkan fenomena yang di temukan di rumah sakit Yukum Medical Centre yaitu Kasus yang sering terjadi sebagai akibat dari ketidakpuasan pasien adalah permohonan pindah ke rumah sakit lain (dirujuk), pulang dalam keadaan terpaksa sebelum sakitnya sembuh (pulang paksa). penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre Lampung Tengah Tahun 2023. Jenis Penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan Chi-square. Subjek penelitian pasien post operasi sebanyak 100 pasien. Instrument menggunalan kuesioner. Waktu penelitian bulan Maret-April tahun 2023. Hasil penelitian didapatkan 79 responden (79%) mendapatkan kualitas pelayanan keperawatan dengan baik dan 79 responden (79%) merasa puas. Uji statistik didapatkan hasil p-value = 0,000 ɑ (<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre. Peneliti menyarankan agak terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan seperti terkontrolnya galon air minum secara teratur, kebersihan lingkungan dan pencahayaan serta saluran air agar tidak menimbulkan bau dan sarang nyamuk.

Kata kunci : kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, mutu pelayanan rumah sakit
Daftar Pustaka : 18 (2017 sd 2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: ruang baca Bidan
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:16
Last Modified: 02 Feb 2024 04:16
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item
View Item