SARI, ISMA YUNITA (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI RS YUKUM MEDICAL CENTRE LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (219kB)
ABSTRAK.pdf
Download (335kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (774kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (217kB)
BAB I.pdf
Download (326kB)
BAB II.pdf
Download (567kB)
BAB III.pdf
Download (497kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (343kB)
BAB V.pdf
Download (321kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (324kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Tugas rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat terutama di wilayah cakupannya. Sedangkan fungsi rumah sakit adalah menyelenggarakan pelayanan spesialistik atau medik sekunder dan pelayanan subspesialistik atau medik tersier. Sedangkan kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien, manajemen rumah sakit dapat melakukan peningkatan mutu pelayanan. Prosentase pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan berdasarkan hasil survai dengan instrument yang berlaku. Berdasarkan fenomena yang di temukan di rumah sakit Yukum Medical Centre yaitu Kasus yang sering terjadi sebagai akibat dari ketidakpuasan pasien adalah permohonan pindah ke rumah sakit lain (dirujuk), pulang dalam keadaan terpaksa sebelum sakitnya sembuh (pulang paksa). penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre Lampung Tengah Tahun 2023. Jenis Penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan Chi-square. Subjek penelitian pasien post operasi sebanyak 100 pasien. Instrument menggunalan kuesioner. Waktu penelitian bulan Maret-April tahun 2023. Hasil penelitian didapatkan 79 responden (79%) mendapatkan kualitas pelayanan keperawatan dengan baik dan 79 responden (79%) merasa puas. Uji statistik didapatkan hasil p-value = 0,000 ɑ (<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre. Peneliti menyarankan agak terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan seperti terkontrolnya galon air minum secara teratur, kebersihan lingkungan dan pencahayaan serta saluran air agar tidak menimbulkan bau dan sarang nyamuk.
Kata kunci : kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, mutu pelayanan rumah sakit
Daftar Pustaka : 18 (2017 sd 2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RD Surgery R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | ruang baca Bidan |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 04:16 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 04:16 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938 |