NABILA, ZAERAH ZAHWA (2025) PENGARUH PEMBERIAN VIDEO TUTORIAL 6 LANGKAH CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI METRO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
1. LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (111kB)
2. RINGKASAN.pdf
Download (46kB)
3. KATA PENGANTAR.pdf
Download (776kB)
4. DAFTAR ISI.pdf
Download (56kB)
5. BAB I.pdf
Download (155kB)
6. BAB II.pdf
Download (383kB)
7. BAB III.pdf
Download (236kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (272kB)
9. BAB V.pdf
Download (158kB)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (169kB)
11. LAMPIRAN_compressed.pdf
Download (422kB)
Abstract
RINGKASAN
Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami gangguan atau hambatan dalam perkembangan daya fikir serta kepribadian, sehingga tidak mampu hidup dengan kekuatan sendiri dalam masyarakat meskipun dengan cara sederhana. Berdasarkan data survey kesehatan Indonesia tahun 2023 penyandang disabilitas di Indonesia sebanyak 1,6% (188.186) dan di Provinsi Lampung sebanyak 0,8% (6.506 jiwa). Keterbatasan dalam kemampuan kognitif dan motorik menyebabkan mereka kurang mampu dalam memahami pentingnya kebersihan. Kurangnya kemampuan dalam menjaga kebersihan diri misalnnya seperti cuci tangan, menyebabkan anak tunagrahita mudah terkena penyakit. Siswa tunagrahita membutuhkan pendekatan yang lebih visual dan praktis agar dapat memahami dan menerapkan instruksi dengan baik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media video. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian video tutorial 6 langkah cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Metro.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan pre eksperimen, dengan design one group pretest and posttest, populasi penelitian ini adalah siswa tunagrahita SD di SLB Negeri Metro yang berjumlah 29 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 sampel siswa tunagrahita SD dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Cara pengumpulan data dengan metode observasi menggunakan lembar checklist. Uji Analisis univariat dilakukan untuk menggambarkan distribusi data dengan persentase, rata-rata (mean), nilai tengah (median), varians, standar deviasi (SD), nilai minimum (Min), dan nilai maksimum (Max). Uji analisis penelitian menggunakan uji Wilcoxon sign rank test.
Hasil penelitian pada siswa tunagrahita didapatkan proporsi siswa tunagrahita ringan 79,30%, siswa tunagrahita sedang 20,70% dan hasil uji statistik menggunakan uji Wilcoxon sign rank test menunjukan adanya peningkatan kemampuan cuci tangan setelah pemberian video tutorial 6 langkah cuci tangan, dengan p-value 0,000 (p value <0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian video tutorial 6 langkah cuci tangan berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan cuci tangan siswa tunagrahita. Diharapkan media ini dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran efektif dalam melatih keterampilan hidup mandiri siswa berkebutuhan khusus.
Kata Kunci : Tunagrahita, video edukatif, kemampuan cuci tangan.
Daftar Bacaan : 43 (2017-2025)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
| Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Metro |
| Depositing User: | ruang baca Bidan metro |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 02:36 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 02:36 |
| URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7588 |
