GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON TAHUN 2024

SETIYANI, FINA (2024) GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PASIEN RAWAT JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI 2.pdf] Text
DAFTAR ISI 2.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I..pdf] Text
BAB I..pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II..pdf] Text
BAB II..pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB III..pdf] Text
BAB III..pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB IV..pdf] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB V..pdf] Text
BAB V..pdf

Download (59kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan yang bertangungjawab terhadap pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi. Waktu tunggu menjadi salah satu indikator dari pelayanan di bidang farmasi. Standar pelayanan waktu
tunggu yang telah ditetapkan di Puskesmas Rawat Inap Kedaton mengacu pada SOP yaitu waktu tunggu obat jadi 5 menit dan waktu tunggu obat racikan 10-15 menit. Penelitian ini bertujuan untuk rata-rata waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan untuk obat jadi maupun mengetahui obat racikan dan tingkat kepuasan terhadap mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Tahun
2024.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 96 lembar resep obat jadi maupun obat racikan dan responden untuk kepuasan, dengan menggunakan alat ukur stopwatch, ceklist, lembar pengambilan data dan kuisioner. Hasil penelitian dari 96 responden untuk karakteristik sosiodemografi responden kategori jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan sebanyak 69 responden (71,9%), kategori usia terbanyak yaitu rentang usia 46-55 tahun sebanyak 36 responden (37,5%), kategori pekerjaan yaitu tidak bekerja sebanyak 72 responden (75%), dan kategori pendidikan terakhir terbanyak yaitu SMA sebanyak 40 responden (41,7%). Untuk lembar resep didapatkan rata-rata keseluruhan waktu tunggu pelayanan resep obat jadi 7,6 menit dengan persentase obat yang memenuhi syarat 43,8% dan rata-rata keseluruhan waktu tunggu pelayanan resep obat racikan 12,72 menit dengan persentase obat yang memenuhi syarat 77,1%. Hasil persentase kepuasan berdasarkan 5 dimensi didapatkan hasil persentase reability 83%, responsive 83,57%, assurance 84%, empathy 85%, dan tangible 78,125%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di Puskesmas Rawat Inap Kedaton untuk obat jadi tidak memenuhi persyaratan standar operasional puskesmas yaitu untuk obat jadi 5 menit dan untuk obat racikan 10-15 menit, untuk hasil kepuasan pasien didapat rata-rata dari 5 dimensi adalah 82,8% sehingga dapat dikategorikan Sangat Puas.

Kata Kunci : Waktu Tunggu Pelayanan Resep, Tingkat kepuasan, Puskesmas Rawat Inap Kedaton.
Daftar Bacaan: 24 (2002-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi Program Studi D-III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:03
Last Modified: 28 Aug 2024 02:03
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6735

Actions (login required)

View Item
View Item