GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAMRUMAH SAKIT ADVENTBANDAR LAMPUNG TAHUN 2024

TRETILIA, PUTU RARA (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAMRUMAH SAKIT ADVENTBANDAR LAMPUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung koroner, penyakit ginjal kronis, stroke iskemik, serta hemoragik. Jika hipertensi dibiarkan tidak terkontrol maka akan menyebabkan komplikasi yaitu gagal jantung, penyakit pembuluh darah perifer, gagal ginjal, perdarahan retina, gangguan penglihatan, stroke dan demensia. Kepatuhan pada pasien hipertensi sangat penting karena dapat mengontrol tekanan darah penderita. Selain itu, kepuasan pengobatan yang rendah diantara pasien hipertensi merupakan penghalang untuk mencapai tingkat kepatuhan pengobatan hipertensi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan kepuasan pasien hipertensi rawat jalan di poliklinik penyakit dalam Rumah Sakit Advent Bandar Lampung dengan menggunakan lembar kuesioner MMAS-8 dan PSQ-18. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah 100 sampel. Hasil penelitian kepatuhan minum obat pasien hipertensi rawat jalan berdasarkan MMAS-8 yaitu pasien dengan kategori patuh sebanyak 25%, dan pasien dengan kategori tidak patuh sebanyak 75%. Kepuasan pasien hipertensi berdasarkan kuesioner PSQ-18 didapatkan seluruh responden memiliki kategori puas terhadap pelayanan di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung sebanyak 100%.

Kata kunci : Hipertensi, Kepatuhan Minum Obat, MMAS-8, Kepuasan, PSQ-18
Daftar Bacaan : 56 (2008-2024)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi Program Studi D-III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:34
Last Modified: 08 Aug 2024 03:34
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item
View Item