ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN PADA KLIEN HIPERTENSI DI DUSUN SRIMULYO 1 DESA PEMANGGILAN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2023

FATMAWATI, WIDIA (2023) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN PADA KLIEN HIPERTENSI DI DUSUN SRIMULYO 1 DESA PEMANGGILAN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2023. Diploma thesis, Poltekkes KemenkesTanjungkarang.

[thumbnail of 1. SAMPUL.pdf] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 6. BAB II revisi cetak.pdf] Text
6. BAB II revisi cetak.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8. BAB IV .. revisi - Copy terbaru.pdf] Text
8. BAB IV .. revisi - Copy terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[thumbnail of 9. BAB V (1).pdf] Text
9. BAB V (1).pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA TERBARU.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA TERBARU.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Penyakit Tidak Menular (PTM) hipertensi masih menjadi kasus pertama dari sepuluh penyakit tidak menular terbanyak di Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021. Data dari Puskesmas Hajimena per 3 bulan pada tahun 2022 dengan persentase 40% pada bulan Maret, 22,8% pada bulan Juni, 22% pada bulan September, dan bulan Desember 2022 menduduki urutan kedua dengan persentase 29,7%. Tujuan dilakukannya penyusunan laporan tugas akhir ini yaitu untuk menerapkan asuhan keperawatan gangguan kebutuhan rasa nyaman dari pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi, dan evaluasi pada klien hipertensi di Dusun Srimulyo 1, Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Fokus asuhan keperawatan ini yaitu klien gangguan kebutuhan rasa nyaman khususnya gangguan rasa nyaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan pemeriksaan fisik. Waktu pelaksanaannya yaitu 6 hari dari tanggal 09 sampai 14 Januari 2023. Hasil asuhan keperawatan setelah dilakukan tindakan manajemen nyeri selama 3 hari yaitu status kenyamanan meningkat ditandai dengan klien tampak lebih rileks, tekanan darah 140/90 mmHg pada klien 1 (Ny. R) dan pada klien 2 (Ny. M) tampak lebih rileks, tekanan darah 130/80 mmHg. Saran untuk Puskesmas Hajimena yaitu dapat melakukan pengkajian yang sesuai dengan keluhan klien, sehingga dapat ditegakkan diagnosis yang tepat sesuai dengan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia(SDKI), menyesuaikan dengan tujuan yang ada di Standar Luaran Keperawatan Indonesia(SLKI), dan intervensi serta implementasi yang akan dilakukan sesuai dengan Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI). Perawat disarankan untuk melakukan kunjungan kerumah (home care) untuk melakukan asuhan keperawatan tersebut. Bagi Prodi D-III Keperawatan Tanjungkarang diharapkan laporan tugas akhir ini dapat dijadikan koleksi di perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang, sehingga laporan ini dapat menjadi referensi dalam penerapan asuhan keperawatan pada klien hipertensi dengan gangguan kebutuhan rasa nyaman. Penulis Selanjutnya disarankan melakukan asuhan keperawatan tidak hanya kepada individu tetapi juga keluarga ataupun gerontik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: ruang baca Keperawatan
Date Deposited: 02 Feb 2024 09:23
Last Modified: 02 Feb 2024 09:23
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item
View Item