PENERAPAN PERMAINAN PUZZEL ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA AN.A DI BANDAR LAMPUNG

NURFAIZAH, DIAN (2023) PENERAPAN PERMAINAN PUZZEL ANGKA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA AN.A DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

RINGKASAN

Kognitif merupakan suatu proses berfikir yang dapat diartikan sebagai pengetahuan yang luas daya nalar, kreatifitas atau daya cipta, kemampuan berbahasa serta daya ingat. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak yaitu permainan edukatif seperti puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan fungsi kognitif pada anak balita atau prasekolah. Berdasarkan indikator di lab Poltekkes Tanjung Karang terdapat 4 anak dengan gangguan kognitif salah satunya An.A, maka penulis tertarik untuk mengangkat kasus penerapan terpi bermain puzzle sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah format pengkajian dengan
observasi yaitu suatu teknik atau cara mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara dan pengamatan terhadap klien. Subjek dalam studi kasus ini adalah anak balita atau prasekolah di Bandar Lampung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif An.A di Bandar Lampung. Diharapkan kepada bidan sebagai tenaga pendidik dapat menggunakan metode yang sesuai dengan usia anak yaitu metode belajar sambil bermain sehingga anak tidak bosan dan perkembangannya pun akan menigkat melalui permainan yang edukatif.

Kata kunci : kognitif, anak balita, prasekolah, puzzle
Daftar bacaan : 20 (2015-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan Program Studi DIII Kebidanan
Depositing User: ruang baca Bidan
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:01
Last Modified: 30 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item
View Item