ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH KEBUTUHAN BELAJAR PADA KELUARGA Tn.M DENGAN ANAK USIA SEKOLAH YANG KECANDUAN GADGET DI WILAYAH METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN 2021

FALLAHA, INTAN (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH KEBUTUHAN BELAJAR PADA KELUARGA Tn.M DENGAN ANAK USIA SEKOLAH YANG KECANDUAN GADGET DI WILAYAH METRO TIMUR KOTA METRO TAHUN 2021. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

World Health Organitation (WHO) melaporkan dampak gadget terhadap anak bahwa 5-25% anak-anak usia sekolah menderita disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan. Sedangkan menurut Dinas Kesehatan Bandar Lampung sebesar 85.779 (62,02%) anak usia sekolah megalami gangguan perkembangan. Selanjutnya antara 9,5% - 14,2% anak-anak berusia antara nol sampai lima tahun mengalami masalah sosial emosional yang berdampak negatif terhadap fungsi perkembangan mereka dan kesiapan untuk bersekolah. Melakukan asuhan keperawatan dengan Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Masalah Kebutuhan Belajar Pada Keluarga Tn.M Dengan Anak Usia Sekolah Yang Kecanduan Gadget Di Wilayah Metro Timur Kota Metro Tahun 2021. Metode yang penulis gunakan dalam asuhan keperawatan ini yaitu menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga, wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pengkajian, diagnosa, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi. Hasil pengumpulan data didapatkan pada uji kuesioner keluarga hanya mampu menjawab 30% yaitu 6 dari 20 soal pada ayah dan ibu sedangkan 50% yaitu 7 dari 10 soal pada anak. Hasil observasi anak terlihat bermain gadget, berdasarkan 5 tugas kesehatan keluarga di dapatkan keluarga tidak mengetahui mengenai dampak bahaya kecanduan gadget, cara mengatasi penggunaan gadget, cara menciptakan lingkungan yang produktif bagi anak.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Masalah Kebutuhan Belajar, Kecanduan Gadget
Daftar Bacaan : 18 (2009-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: rahmi tuljana bawel
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:58
Last Modified: 17 Jun 2022 08:58
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item