PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA AN. M DI PMB NUHIDAYAH

ANDINI, ZELIKA PUTRI (2021) PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA AN. M DI PMB NUHIDAYAH. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of 10. BAB VI.pdf] Text
10. BAB VI.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 12. LAMPIRAN.pdf] Text
12. LAMPIRAN.pdf

Download (281kB)

Abstract

Berdasarkan laporan dari Departemen Kesehatan Repoblik Indonesia cakupan pelayanan kesehatan balita dalam deteksi tumbuh kembang balita yang mengalami gangguan tumbuh kembang anak di Indonesia sebanyak 45,7%. Gangguan tumbuh kembang salah satunya adalah gangguan kognitif yaitu gangguan dalam konsentrasi yang berdampak pada kemampuan belajar anak yang memengaruhi daya pikir dan kecerdasan anak. Hal ini terjadi dipicu oleh kurangnya deteksi dini dan kurangnya stimulasi yang diberikan untuk mendukung perkembangan kognitif.
Tujuan asuhan adalah menerapkan terapi bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu An. M usia 4 tahun. Dalam kesempatan kali ini telah ditemukan studi kasus di PMB Nurhidayah, A.Md., Keb yakni An. M usia 4 tahun dengan masalah gangguan kognitif anak prasekolah.
Metode asuhan yang diberikan adalah asuhan kebidanan pada anak dengan penerapan terapi bermain puzzle di PMB Nurhidayah, A.Md., Keb Lampung Selatan yang dilakukan pada bulan Februari-Mei 2021. Asuhan dokumentasi dengan SOAP, metode dokumentasi menggunakan manajemen kebidanan dengan pendekatan 7 langkah varney.
Hasil asuhan yang diberikan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain puzzle terhadap peningkatan dalam perkembangan kognitif An. M. Kesimpulannya adalah adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak setelah diberikan terapi bermain puzzle terhadap An. M dengan 4 kali kunjungan di Merbau Ranji, kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan pada tahun 2021. Dan disarankan kepada bidan sebagai tenaga pendidik agar dapat menerapkan terapi puzzle untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak, karena dapat digunakan sebagai alat bermain yang edukatif.

Kata kunci : Kognitif, Anak Balita, Prasekolah, Puzzle
Daftar bacaan : 13 (2014-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan Program Studi DIII Kebidanan
Depositing User: agus abang setiawan
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:21
Last Modified: 10 Jun 2022 03:21
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item