GAMBARAN UPAYA INOVATIF PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI APOTEK KOTA BANDAR LAMPUNG

SETIANINGRUM, AYU (2021) GAMBARAN UPAYA INOVATIF PELAKSANAAN PELAYANAN KEFARMASIAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI APOTEK KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang mulai terjadi pada akhir tahun 2019 lalu telah membuat masyarakat mengalami banyak perubahan. Pandemi covid-19 disebabkan oleh virus yang dapat menyebar melalui droplet pernapasan dan dapat keluar apabila berbicara. Hal ini mengakibatkan masyarakat harus saling menjaga jarak dan mengurangi interaksi dengan individu lainnya. Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu pelayanan yang harus tetap berjalan di masa pandemi covid-19. Berbagai bentuk inovasi termasuk inovasi pemanfaatan digital menjadi solusi di masa pandemi covid-19, karena mampu menjembatani komunikasi atau interaksi antar individu.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Gambaran Upaya Inovatif Pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian Selama Pandemi Covid-19 di Apotek Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif secara online dengan menyebarkan kuesioner melalui google form kemudian hasil disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya inovasi di Apotek Kota Bandar Lampung yaitu penerapan resep elektronik sebanyak 38%, penerapan pembelian obat tanpa resep secara online sebanyak 38%. Penerapan pelayanan konsultasi online sebanyak 73%, penerapan pelayanan MESO online sebanyak 38%, penerapan pelayanan PTO online sebanyak 32%. Penerapan pelayanan PIO online atau tertulis sebanyak 56%. Penerapan pelayanan drive-through sebanyak 23%. Penerapan pelayanan medication delivery sebanyak 35%, dan penerapan edukasi melalui media sosial dilakukan oleh 39% apotek.

Kata kunci : inovasi, pelayanan kefarmasian, pandemi, covid-19
Daftar Bacaan : 31 (2013-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi Program Studi D-III Farmasi
Depositing User: editor d3 farmasi
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:10
Last Modified: 07 Dec 2022 08:10
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item
View Item