ASUHAN KEPERAWATAN PERIOPERATIF PADA PASIEN FAM (FIBROADENOMA MAMMAE) DENGAN TINDAKAN EKSISI DI RUANG OK RSUD AHMAD YANI KOTA METRO TAHUN 2021

NINGSIH, DWI ENDARWATI (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PERIOPERATIF PADA PASIEN FAM (FIBROADENOMA MAMMAE) DENGAN TINDAKAN EKSISI DI RUANG OK RSUD AHMAD YANI KOTA METRO TAHUN 2021. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fibroadenoma mammae adalah benjolan padat dan kecil dan jinak pada payudara yang terdiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa. Benjolan ini biasa nya ditemukan pada wanita muda, seringkali pada remaja putri. Berdasarkan laporan dari New South Wales (NSW) Breats Cancer Institute, FAM umum nya terjadi pada wanita dengan usia 21-25 tahun dengan prevalensinya 9%, pada usia diatas 50 terjadi kurang dari 5%. Sedangkan laporan dari Western Breast Services Alliance, FAM terjadi pada wanita usia antara 15-25 tahun dengan prevalensi 15%. Di Indonesia diperkirakan setiap tahun mengalami peningkatan. Data Jakarta Breast Center dari tahun 2016 sampai 2018 menunjukkan bahwa dari 2.495, ternyata 79% menderita FAM dan 14% menderita kanker dan di Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani Kota Metro pada tahun 2020 sampai 2021 bulan april pasien FAM yang menjalani operasi dengan eksisi berjumlah 72 orang. Sebagian besar pasien FAM mendapatkan tatalaksana bedah berupa eksisi. Tujuan dari laporan tugas akhir ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan perioperatif pada pasien FAM dengan tindakan eksisi diruang OK Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani Kota Metro. Penyusunan laporan tugas akhir ini menggunakan teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengkajian dirumuskan beberapa diagnosa keperawatan sebagai berikut: pre operasi: ansietas, intra operasi: resiko cidera, dan post operasi: nyeri akut. Evaluasi setiap diagnosa keperawatan didapatkan sebagai berikut, tahap pre operasi masalah ansietas teratasi sebagian. Tahap intra operasi risiko perdarahan tidak terjadi. Tahap post operasi nyeri sedang diatasi. Diharapkan untuk melakukan prosedur asuhan keperawatan sesuai dengan standar proses keperawatan baik saat pre operasi, intra operasi maupun post operasi khususnya pada pasien dengan tindakan operasi eksisi.

Kata Kunci : Fibroadenoma Mammae (FAM), Eksisi, Asuhan
Keperawatan Perioperatif
Daftar Pustaka : Berjumlah 30 dari tahun 2016 sampai tahun 2021

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: rahmi tuljana bawel
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:07
Last Modified: 25 Jul 2022 01:07
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item