GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

CAHYANI, MELYA PUTRI (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Tuntutan dari pasien maupun masyarakat akan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, mengharuskan adanya perluasan dari
paradigma lama yang berorientasi kepada produk menjadi paradigma baru yang berorientasi pada pasien dengan filosofi Pelayanan. Sedangkan kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan
yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan yang dirasakan pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien atau masyarakat yang mendapatkan pelayanan Kefarmasian. Teknik pengambilan data dilakukan secara accidental sampling, menggunakan metode Servqual dengan 5 dimensi yaitu dimensi Kehandalan, dimensi Daya Tanggap, dimensi Jaminan, dimensi Empati dan
dimensi Bukti Langsung. Data diperoleh melalui lembar kuesioner, dengan jumlah 5 pertanyaan tentang Dimensi Kehandalan, 4 pertanyaan tentang dimensi Daya Tanggap, 4 pertanyaan tentang dimensi Jaminan, 4 pertanyaan tentang
dimensi Empati, dan 3 pertanyaan tentang dimensi bukti fisik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pasien yang berobat di Puskesmas Karang Anyar berdasarkan dimensi kehandalan sebanyak 79,8%, dimensi Daya Tanggap sebanyak 78,8%, dimensi Jaminan sebanyak 79,9%, dimensi Empati sebanyak 79,9%, dan dimensi Bukti Langsung sebanyak 80%. Secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karang anyar adalah puas dengan total skor 7.966 dengan persentase rata-rata 79,6% dari 100 responden.

Kata kunci : Metode Servqual, Pelayanan Kefarmasian, kepuasan pasien
Daftar bacaan : 47 (2005 - 2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Farmasi Program Studi D-III Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 06:21
Last Modified: 11 Oct 2024 06:21
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item
View Item