NINGSIH, PIPIT KARTIKA (2024) ANALISA STANDAR PELAYANAN MINIMAL PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD DEMANG SEPULAU RAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (884kB)
ABSTRAK.pdf
Download (884kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (885kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (884kB)
BAB I.pdf
Download (885kB)
BAB II.pdf
Download (885kB)
BAB III.pdf
Download (885kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (888kB)
BAB V.pdf
Download (885kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (883kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan laboratorium patologi klinik merupakan salah satu pelayanan yang perlu dijaga kualitasnya. Hal tersebut diharapkan agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan menjadi nilai tambah untuk rumah sakit tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Standar Pelayanan Minimal pelayanan di instalasi laboratorium Patologi Klinik di Rumah SakitUmum Daerah Demang Sepulau Raya. Standar Pelayanan minimal untuk laboratorium patologi klinik
yang diatur dalam Pemenkes No.129 tahun 2008 yaitu : Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium, pelaksanaan ekpertisi hasil pemeriksaan laboratorium, tidak adanya kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan laboratorium, kepuasan pelanggan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pendekatan cross sectional, dan juga menggunakan kuisioner Permenpan No. 14 Tahun 2017 dengan sampel sebanyak 85 responden yang diolah dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. 129 Tahun 2008.. Hasil penelitian didapatkan waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium dengan rata-rata 43,5 menit atau sesuai dengan standar pelayanan minimal yaitu f 140 menit. Hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan ekspertisi sebesar 55% sehingga tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal karena Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan sebesar 100%. Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan laboratorium adalah 100%, hal ini sesuai dengan
Standar Pelayanan Minimal yang capaiannya adalah 100%. Kepuasan pelanggan di Instalasi Patologi Klinik RSUD Demang Sepulau Raya sebesar 86%, hal ini sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan sebesar 80%.
Kata Kunci: Standar Pelayanan Minimal
Daftar Bacaan: 17 (2008 – 2023)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RB Pathology |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Analis Kesehatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:22 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:22 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820 |