ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI LABORATORIUM KLINIK UPT PUSKESMAS BANDUNGBARU KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG

UTAMI, SRI (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI LABORATORIUM KLINIK UPT PUSKESMAS BANDUNGBARU KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Laboratorium Klinik sebagai unit penyelenggara pelayanan publik memiliki peran sebagai penyedia layanan kesehatan yang melakukan pengukuran, penentuan, dan pengujian terhadap sampel yang berasal dari manusia. Berkembangnya teknologi dan meningkatnya ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan, mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi harapan tersebut. Salah satu langkah yang diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap pengguna layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepuasan pasien di Laboratorium Klinik UPT Puskesmas Bandungbaru Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan 14 item penilaian skala linkert. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2024, populasinya adalah pasien yang mendapatkan pelayanan di Laboratorium sebanyak 132 orang dan jumlah sampel 45 responden menggunakan metode Service Quality. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pada dimensi Tangible puas sebesar 51,1%, dimensi Reability puas sebesar 57,8%, dimensi Assurance sangat puas sebesar 55,5%, dimensi Responsivenness sangat puas sebesar 66,7%, dimensi Empathy puas sebesar 51,1%, tingkat kepuasan di Laboratorium UPT Puskesmas Bandungbaru sangat puas sebesar 51,1% dan didapatkan ketidakpuasan sebesar 1,3%.

Kata Kunci : Laboratorium Klinik, Kepuasan Masyarakat, Mutu Pelayanan.
Daftar Bacaan : 29 (2009-2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Analis Kesehatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:31
Last Modified: 02 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6495

Actions (login required)

View Item
View Item