ADUNG, FANSURI (2024) HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG BEDAH RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.
1. lembar sampul.pdf
Download (54kB)
2. abstrak.pdf
Download (113kB)
3. kata pengantar.pdf
Download (956kB)
3. kata pengantar.pdf
Download (956kB)
4. daftar isi.pdf
Download (94kB)
5. BAB I.pdf
Download (98kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (132kB)
6. BAB II.pdf
Download (136kB)
7. BAB III.pdf
Download (182kB)
9. BAB V.pdf
Download (14kB)
10. daftar pustaka.pdf
Download (101kB)
11. lampiran.pdf
Download (2MB)
Abstract
Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pasien merupakan komponen penting yang menyebabkan adanya rasa ketidakpuasan, pasien merasa tidak puas apabila waktu tunggu tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Kenyataan menujukkan masih ditemukan pasien mengeluh tidak puas karena waktu tunggu yang lama di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuatitatif dengan pendekatan cros sectional dengan jumlah sampel 75 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chis square. Hasil analisa 50 (66,7%) responden yang mempersepsikan lama waktu tunggu pasien tidak sesuai dengan standar. Selanjutnya 53 (70,7%) responden yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,000 (p<0,05), kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk melengkapi sarana dan prasaranadan meningkatkan kedesiplinan sehingga dapat memberikan pelayanan yangmemuaskan sewaktu pasien berobat di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.
Kata Kunci : Waktu tunggu, Kepuasan pasien, Pelayanan Referensi : 48 (2012-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RD Surgery |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan |
Depositing User: | agus abang setiawan |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 01:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 01:43 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5684 |