HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG BEDAH RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2024

ADUNG, FANSURI (2024) HUBUNGAN LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG BEDAH RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. lembar sampul.pdf] Text
1. lembar sampul.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 3. kata pengantar.pdf] Text
3. kata pengantar.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of 3. kata pengantar.pdf] Text
3. kata pengantar.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of 4. daftar isi.pdf] Text
4. daftar isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 10. daftar pustaka.pdf] Text
10. daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 11. lampiran.pdf] Text
11. lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan kesehatan. Waktu tunggu pasien merupakan komponen penting yang menyebabkan adanya rasa ketidakpuasan, pasien merasa tidak puas apabila waktu tunggu tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan yaitu ≤ 60 menit. Kenyataan menujukkan masih ditemukan pasien mengeluh tidak puas karena waktu tunggu yang lama di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuatitatif dengan pendekatan cros sectional dengan jumlah sampel 75 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chis square. Hasil analisa 50 (66,7%) responden yang mempersepsikan lama waktu tunggu pasien tidak sesuai dengan standar. Selanjutnya 53 (70,7%) responden yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,000 (p<0,05), kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk melengkapi sarana dan prasaranadan meningkatkan kedesiplinan sehingga dapat memberikan pelayanan yangmemuaskan sewaktu pasien berobat di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Kata Kunci : Waktu tunggu, Kepuasan pasien, Pelayanan Referensi : 48 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan
Depositing User: agus abang setiawan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:43
Last Modified: 12 Jul 2024 01:43
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item
View Item