PIRMANDA SR, REPKA (2023) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN PADA KLIEN HIPERTENSI DI DUSUN SRIMULYO 1 DESA PEMANGGILAN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2023. Diploma thesis, Poltekkes KemenkesTanjungkarang.
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (200kB)
ABSTRAK.pdf
Download (188kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (307kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (365kB)
BAB I.pdf
Download (193kB)
BAB II.pdf
Download (407kB)
BAB III.pdf
Download (195kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (249kB)
BAB V.pdf
Download (193kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (395kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (675kB)
Abstract
ABSTRAK
Indonesia memiliki enam pilar transformasi kesehatan yang sedang dilakukan guna memperkuat layanan kesehatan primer. Penderita hipertensi di dunia diperkirakan 1,28 milyar orang (46%). Prevalensi hipertensi di Indonesia sekitar 31,6%, penderita hipertensi di Provinsi Lampung sendiri mencapai 15,10% dan di Kabupaten Lampung Selatan sebesar 70,9% pada tahun 2021. Data Puskesmas Hajimena tahun 2022 menunjukan bahwa penderita hipertensi sebesar 79%, hasil wawancara dengan perawat dan ibu kader serta masyarakat yang mengalami penyakit hiprtensi didapatkan bahwa rata-rata mengalami masalah dengan gangguan kebutuhan rasa nyaman. Tujuan: diketahui gambaran asuhan keperawatan ganguan kebutuhan rasa nyaman pada klien hipertensi di Dusun Srimulyo 1 Desa Pemanggilan kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Metode: proses asuhan keperawatan yang berpokus pada 2 subyek asuhan keperawatan dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dalam bentuk narasi gambar dan tabel. Hasil pengkajian didapatkan kedua klien mengalami hipertensi dengan masalah keperawatan ganguan rasa nyaman, ansietas dan defisit pengetahuan, selanjutnya dilakukan tindakan keperawatan yaitu menejemen nyeri dengan cara kompres air hangat menggunakan waslap didaerah pinggang bagian belakang dan tengkuk leher sehinggga rasa sakit dapat berkurang serta melakukan pendidikan kesehatan mengenai hipertensi, setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 hari dan dilakukan evaluasi keadan klien membaik. Kesimpulan: setelah diberi asuhan keperawatan selama 3 hari didapatkan hasil kedua klien kenyamanan meningkat. Saran: laporan tugas karya tulis ilmiyah ini diharapkan dapat menjadi contoh dalam melakukan asuhan keperawatan gangguan rasa nyaman pada klien hipertensi di Puskesmas Hajimena serta masyarakat dapat melakukan perawatan secara mandiri dengan cara kompres air hangat menggunakan alat sederhana yang ada dirumah untuk meningkatkan rasa nyaman.
Kata kunci: Gangguan rasa nyaman, Hipertensi
Daftar bacaan: 22 (2014-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan |
Depositing User: | ruang baca Keperawatan |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:10 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:10 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4845 |