ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG

ADIPUTRA, RISQON ANJAHIRANDA (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Laboratorium klinik saat ini telah menjadi consumer-driven market yang harus melakukan inovasi pada mutu layanan dan memahami kebutuhan masyarakat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan laboratorium klinik sebagai unit pelayanan publik dengan melakukan pengukuran kepuasan masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia telah menyusun Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dalam Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai IKM (Indeks Kepuasan Masyakarat) terhadap pelayanan Instalasi Laboratorium Patologi Klinik di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Jenis penelitian adalah survei deskriptif kuantitatif berdasarkan metode penelitian yang diditetapkan dalam Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 dengan populasi penelitian sebanyak 173 orang dengan responden sebanyak 120 orang pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 78,02 yang berada pada Nilai Interval Konversi 76,61 – 88,30 sehingga Mutu Pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan Instalasi Patologi Klinik RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan dapat dikatakan BAIK. Namun, ditemukan indikator unsur pelayanan yang memerlukan peningkatan yakni Indikator Persyaratan Pelayanan (U1), Waktu Penyelesaian Pelayanan (U3), Perilaku Pelaksana (U7) dan Sarana Prasarana (U9).

Kata Kunci : Laboratorium Patologi Klinik, Kepuasan Masyakarat, Mutu Pelayanan
Daftar Bacaan : 50 (2009-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Analis Kesehatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:08
Last Modified: 05 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item
View Item