ADIPUTRA, RISQON ANJAHIRANDA (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM KABUPATEN WAY KANAN PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (464kB)
ABSTRAK.pdf
Download (265kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (886kB)
BAB I.pdf
Download (478kB)
BAB II.pdf
Download (1MB)
BAB III.pdf
Download (540kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
BAB V.pdf
Download (467kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (347kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (16MB)
Abstract
Laboratorium klinik saat ini telah menjadi consumer-driven market yang harus melakukan inovasi pada mutu layanan dan memahami kebutuhan masyarakat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan laboratorium klinik sebagai unit pelayanan publik dengan melakukan pengukuran kepuasan masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia telah menyusun Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dalam Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai IKM (Indeks Kepuasan Masyakarat) terhadap pelayanan Instalasi Laboratorium Patologi Klinik di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Jenis penelitian adalah survei deskriptif kuantitatif berdasarkan metode penelitian yang diditetapkan dalam Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2022 dengan populasi penelitian sebanyak 173 orang dengan responden sebanyak 120 orang pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 78,02 yang berada pada Nilai Interval Konversi 76,61 – 88,30 sehingga Mutu Pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan Instalasi Patologi Klinik RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan dapat dikatakan BAIK. Namun, ditemukan indikator unsur pelayanan yang memerlukan peningkatan yakni Indikator Persyaratan Pelayanan (U1), Waktu Penyelesaian Pelayanan (U3), Perilaku Pelaksana (U7) dan Sarana Prasarana (U9).
Kata Kunci : Laboratorium Patologi Klinik, Kepuasan Masyakarat, Mutu Pelayanan
Daftar Bacaan : 50 (2009-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Analis Kesehatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 01:08 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:44 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/3917 |