GAMBARAN PENYELENGGARAAN MAKANAN, CITA RASA, DAN DAYA TERIMA MAKANAN DI ASRAMA SMA GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

AZHARI, FARAH LAILY (2020) GAMBARAN PENYELENGGARAAN MAKANAN, CITA RASA, DAN DAYA TERIMA MAKANAN DI ASRAMA SMA GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL.pdf] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan dari penyelenggaraan makanan dapat dilihat dari daya terima atau sisa makanan yang disajikan. Daya terima atau sisa makanan dapat dipengaruhi dari faktor cita rasa makanan yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyelenggaraan makanan, cita rasa, dan daya terima makanan di Asrama SMA Global Madani Bandar Lampung.
Jumlah sampel yang diambil adalah 31 siswa dari 45 siswa di Asrama. Penelitian dilaksanakan selama 5 hari, dengan 2 hari berturut-turut pengisian kuisioner dan 3 hari pengamatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode yang digunakan adalah self reported consumption. Gambaran daya terima/sisa makanan menggunakan metode Comstock.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan makanan di Asrama SMA Global Madani adalah paling banyak responden menyatakan petugas kurang ramah (58,10%), alat makan kurang lengkap (51,60%), dan distribusi makanan rata-rata tepat waktu (80,60%). Selain itu, penilaian cita rasa makanan diperoleh hasil rata-rata responden menyatakan kurang enak sebesar 61,30%, dan porsi makan cukup sebesar 74,20%, sedangkan rata-rata daya terima makanan selama dua hari yaitu responden tidak menyisakan porsi makanan sebesar 64,50% atau 25% dari yang disajikan dan termasuk berhasil menurut standar pelayanan minimal dalam sistem penyelenggaraan makan institusi.
Saran dari penelitian ini, yaitu pihak asrama perlu melakukan monitoring cita rasa makanan, pembuatan siklus menu, standar resep, standar bumbu maupun standar porsi pada saat pengolahan supaya disukai dan diterima oleh responden.

Kata kunci : Penyelenggaraan makanan, cita rasa dan daya terima makanan
Daftar bacaan : 12 (2001-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Gizi Program Studi DIII Gizi
Depositing User: Unnamed user with email repository@poltekkes-tjk.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:59
Last Modified: 03 Mar 2023 07:59
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item
View Item