ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR PADA KELUARGA TENTANG BAHAYA GADGET PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020

PUSPITASARI, NILUH AYU (2020) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR PADA KELUARGA TENTANG BAHAYA GADGET PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gagdet merupakan salah satu bentuk nyata dari berkembangnya IPTEK pada zaman sekarang. Penggunaan gadget di kalangan anak-anak sangat miris jika orang tua tidak melakukan pendampingan terhadap si anak tersebut. Orang tua yang memiliki kesibukan, banyak yang memberikan gadget kepada anak namun tanpa disadari oleh orang tua, banyak anak yang akhirnya kecanduan. World Health Organitation (WHO) melaporkan dampak penggunaan gadget terhadap anak bahwa 5-25% anak-anak usia prasekolah menderita disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan (Widati, 2012). Sedangkan menurut Dinas Kesehatan Bandar Lampung dalam Widati (2012), sebesar 85.779 (62,02%) anak usia prasekolah mengalami gangguan perkembangan (Widati, 2012). Penggunaan gadget pada anak di wilayah puskesmas tesebut dikategorikan menengah/sedang hasil observasi dari 5 keluarga.
Metode yang penulis gunakan dalam asuhan keperawatan ini yaitu menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga, wawancara, observasi, pemeriksaan fisik,pengkajian, diagnosa, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi.
Dari hasil pengumpulan data penulis mengevaluasi bahwa asuhan keperawatan pada keluarga dengan masalah gangguan pemenuhan kebutuhan belajar dapat disimpulkan setelah diberikan tidakan keperawatan yaitu promosi atau pendidikan kesehatan mengenai bahaya penggunaan gadget pada anak terjadi peningkatan pengetahuan dan pembelajaran.
Kata kunci : Gadget, Defisit Pengetahuan, Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Belajar
Daftar bacaan : 23 (2008-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: ners punya sapa
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:53
Last Modified: 23 Feb 2023 04:53
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item
View Item