ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN NYERI PADA KELUARGA DENGAN HIPERTENSIDI PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020

PRATIWI, FRESY ROSIKA (2020) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN NYERI PADA KELUARGA DENGAN HIPERTENSIDI PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat pada tahun 2015 menunjukan sekitar 1,13 miliar orang yang menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Prevelensi hipertensi di Indonesia pada penduduk mencapai 34,1% dari populasi 18 tahun ke atas. Menurut profil Dinas Kesehatan Provinsi Lampung 2017, dari 10 besar penyakit di Lampung hipertensi menempati posisi tertinggi dengan jumlah 25.081 penderita hipertensi yaitu sekitar 16,18%. Puskesmas Natar merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Lampung Selatan. Hipertensi merupakan salah satu penyakit terbanyak yang di derita oleh warga di sekitar Puskesmas Natar.Metode yang penulis gunakan dalam asuhan keperawatan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga, wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pengkajian, diagnosa, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi.Dari hasil pengumpulan data penulis mengevaluasi bahwa asuhan keperawatan keluarga pada klien hipertensi dengan masalah keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan rasa nyaman nyeri dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan asuhan keperawatan keluarga selama 4 kali pertemuan pada klien untuk mengatasi nyeri pada klien hipertensi terjadi perubahan skala nyeri dengan hasil asuhan keperawatan pada klien hipertensi yaitu sebelum dilakukan tindakan keperawatan yaitu dengan skala nyeri 5 dan setelah dilakukan tindakan keperawatan yaitu dengan skala nyeri 1.Diharapkan Puskesmas Natar unuk lebih intensif dalam melakukan berbagai penyuluhan kesehatan di masyarakat. Bagi institusi pendidikan diharapkan laporan tugas akhir ini bisa menjadi referensi bacaan bagi peserta didik mengenai hipertensi.

Kata Kunci : Hipertensi, Gangguan Rasa Nyaman Nyeri
Daftar Bacaan : 19 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: rahmi tuljana bawel
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:10
Last Modified: 02 Feb 2023 04:10
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item
View Item