Makharani, Fevia (2022) ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA DENGAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA MERAGUKAN DI TEMPAT PRAKTIK MANDIRI BIDAN LINDA SEPTIANA LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.
LEMBAR SAMPUL.pdf
Download (26kB)
RINGKASAN.pdf
Download (11kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (577kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (45kB)
BAB I.pdf
Download (84kB)
BAB II.pdf
Download (418kB)
BAB III.pdf
Download (207kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
BAB V.pdf
Download (78kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (35kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan berbicara anak merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangannya. Ketika anak telah mampu berbicara dengan baik maka ia akan mampu mengekpresikan perasaan serta gagasan dan emosi mereka antara anak dengan lingkungan sekitanya. Penyebab terjadinya perkembangan bicara dan bahasa meragukan antara lain sesuai dengan hasil temuan adalah tidak adanya model yang baik bagi anak untuk ditiru, kurangnya motivasi anak serta, kesempatan yang tidak adekuat untuk berbicara. Biasanya juga dikarenakan terlalu sering menonton sehingga tidak menstimulus anak untuk berbicara dan hanya membuat anak untuk mendengarkan saja dari pada berbicara.hasil pengkajian didapatkan diagnosis kasus anak N. perkembangan bicara dan bahasa meragukan. Berdasarkan diagnosis yang diperoleh direncanakan untuk memberikan asuhan dengan melakukan Terapi gerak lidah, mengajak anak untuk selalu brinteraksi, mengajak anak untuk bermain dan mengajak anak untuk mendengarkan music anak-anak dengan gerakan sederhana.
Pelaksaanan asuhan kebidanan tumbuh kembang yang diberikan pada anak N. Dengan Gangguan Perkembangan 5x kunjungan dengan memberikan stimulasi dan memantau perkembangan anak, melakukan terapi gerak lidah, mengajak anak untuk bermain peran dengan menggunakan boneka, mengajarkan ibu untuk selalu berkomunikasi dan berinteraksi kepada anaknya sesering mungkin untuk mengejar keterlambatan bicaranya.
Evaluasi yang didapat dengan memberikan dan mengajarkan ibu cara stimulasi dan melakukan pemantauan perkembangan pada anak N. Yang dilakukan 5x kunjungan. Dimana saat kunjungan awal pada tanggal 04 febuari anak belum dapat menyebutkan 2 diantara gambar-gambar tanpa bantuan dan anak belum dapat mengikuti perintah. Pada saat kunjungan akhir pada tanggal 04 maret didapatkan hasil KPSP anak naik menjadi 9 anak sudah mampu mengikuti perintah, yang berarti perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Simpulan berdasarkan asuhan yang dilakukan terhadap anak N. Dengan Perkembangan bicara dan bahasa meragukan yaitu hasil nilai pemeriksaaan KPSP dan perkembangan pada anak N. Terjadi peningkatan, Saran yang diberikan untuk kasus perkembangan bicara dan bahasa meragukan agar dapat melaksanakan dan meningkatkan kualitas tumbuh kembang yang baik dengan cara memberikan stimulasi dan pemantauan perkembangan anak sesuai dengan perkembangan usia anak.
Kata Kunci : Perkembangan bicara dan bahasa
Daftar Bacaan : (2013-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan > Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Kebidanan Program Studi DIII Kebidanan Metro |
Depositing User: | ruang baca Bidan metro |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:01 |
URI: | http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/1335 |