ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN GANGGUAN PROSES BELAJAR PADA ANAK DI SD NEGERI 1 HAJIMENA NATAR LAMPUNG SELATAN

DORA, APUTYA AFRIAN (2020) ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN GANGGUAN PROSES BELAJAR PADA ANAK DI SD NEGERI 1 HAJIMENA NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1.LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1.LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 3.KATA PENGANTAR.pdf] Text
3.KATA PENGANTAR.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI.pdf] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (151kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja. Pada anak terdapat rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yaitu rentang cepat dan lambat. Proses berkembang anak memiliki ciri fisik, kognitif, konsep diri, pola koping dan perilaku sosiaL, sedangkan gangguan proses belajar (Disorder) adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi.
Laporan tugas akhir ini berjutuan untuk memberikan asuhan keperawatan anak dengan gangguan proses belajar di SD 01 Haji Mena Natar Lampung Selatan. Penulis melakukan pendekatan keperawatan berfokus pada anak dengan gangguan proses belajar pada anak. Subjek asuhan keperawatan menggunakan satu subjek yang sudah direkomendasikan oleh guru wali kelas yaitu anak dengan gangguan proses belajar. Pengumpulan data menggunakan proses keperawatan dengan teknik pemberian asuhan keperawatan yang digunakan adalah metode observasi melalui wawancara pada individu serta melakukan wawancara pada guru. Kesimpulan dari hasil asuhan keperawatan ini bahwa terdapat keberhasilan pemberian asuhan keperawatan selama 6 hari pada subjek gangguan proses belajar pada anak, terlihat kemajuan pada anak yaitu mampu menyimak saat guru menerangkan pelajaran, tanpa harus menunduk dan menoleh ke kanan dan ke kiri, serta anak sudah bisa mengenal huruf dan angka berserta membaca dan menulis. Penulis menyarankan agar menerapkan komunikasi teraupetik tanpa harus memarahi dan menghukum anak dengan cara menasehati serta mengajarkan anak dengan rasa empati dan juga dengan pujian.
Kata kunci : Gangguan Proses Belajar
Daftar bacaan : 30 bacaan (2000-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: rahmi tuljana bawel
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:11
Last Modified: 01 Dec 2022 03:11
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item
View Item