ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN KEBUTUHAN BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH KELUARGA BAPAK R KHUSUSNYA ANAK R DENGAN BAHAYA GADGET DI KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2021

SHAFIRA, TAHSYA RIA (2021) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN KEBUTUHAN BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH KELUARGA BAPAK R KHUSUSNYA ANAK R DENGAN BAHAYA GADGET DI KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2021. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang.

[thumbnail of 1. LEMBAR SAMPUL.pdf] Text
1. LEMBAR SAMPUL.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 3. KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia dinobatkan sebagai negara peringkat lima terbesar pengguna gadget di dunia. Hal ini terbukti, data pada tahun 2014 menunjukkan pengguna aktif smartphone yang ada di seluruh Indonesia sekitar 47 juta jiwa, dimana 79,5% diantaranya berasal dari kategori usia anak-anak dan remaja (Wulandari, 2016). Berdasarkan hasil riset Kominfo dan UNICEF mengenai perilaku anak dan remaja di Indonesia dalam penggunaan internet menyimpulkan: ada 98% anak-anak dan remaja mengetahui tentang internet dan 79,5% diantaranya adalah pengguna internet, maraknya akses dan penggunaan internet di kalangan anak-anak dan remaja dikarenakan meningkatnya pengguna gadget. Namun jika digunakan secara berlebihan atau disalah gunakan akan berdampak buruk, anak akan menjadi lebih emosional, pemberontak karena merasa sedang diganggu saat asyik bermain game. Malas mengerjakan rutinitas sehari-hari. Secara sosial, anak menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga tidak memahami etika bersosialisasi (Chusna, 2017). Tujuan dari penulisan ini adalah penulis dapat melaksanakan asuhan keperawatan gangguan kebutuhan belajar pada anak usia sekolah keluarga Bapak R dengan bahaya gadget Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat Tahun 2021. Metode yang penulis gunakan dalam asuhan keperawatan ini yaitu menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga, wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pengkajian, diagnosa, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi. Dari asuhan keperawatan adalah subjek asuhan dan keluarga mampu memahami masalah bahaya gadget setelah diberi pendidikan kesehatan, dan juga terjadi peningkatan pengetahuan dan pembelajaran pada keluarga tentang bahaya gadget yang dibuktikan dengan keluarga Bapak R sudah paham cara mengatasi/mengantisipasi penggunaan gadget pada anak dan keluarga dapat memodifikasi lingkungan yang baik untuk anak agar tidak selalu bermain gadget. Disarankan agar edukasi kesehatan dapat menjadi salah satu intervensi mandiri keperawatan yang dapat dilakukan perawat untuk dapat meminimalisir penggunaan gadget pada anak.

Kata kunci : Kebutuhan Belajar, Bahaya Gadget
Bahan bacaan : 25 (2010-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Poltekkes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan > Poltekkes Tanjungkarang Program Studi DIII Keperawatan
Depositing User: rahmi tuljana bawel
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:54
Last Modified: 07 Jun 2022 08:54
URI: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item