eprintid: 7010 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/70/10 datestamp: 2024-09-24 03:19:09 lastmod: 2024-09-24 03:19:09 status_changed: 2024-09-24 03:19:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HABIFASYA, NADILA PUTRI creators_id: NIM. 2148401066 contributors_name: MAKHDALENA, MAKHDALENA contributors_name: SEMBIRING, ELMA VIORENTINA contributors_id: NIDN 9940000264 contributors_id: NIDN 4005059601 corp_creators: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang corp_creators: Jurusan Farmasi corp_creators: D3 Farmasi title: TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: R1 subjects: RS divisions: 15 abstract: ABSTRAK Mutu pelayanan kefarmasian sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Sebagai indikatornya adalah lima dimensi penilaian atas tingkat kepuasan yakni kehandalan reability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles). Puskesmas sebagai fasilitas pertama yang banyak digunakan oleh peserta BPJS harus memiliki mutu pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas guna memberikan kepuasan pada pasien. Kepuasan pasien dapat mempengaruhi minat untuk kembali ke puskesmas yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana peneliti membagikan kuisioner kepada pasien BPJS saat pasien sedang menunggu obat kemudian peneliti melakukan wawancara. Survei dilakukan pada pasien atau keluarga pasien yang menerima pelayanan obat di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung pada bulan Juni 2024. Berdasarkan Hasil Penelitian Data yang diolah menggunakan skala likert menunjukan bahwa Hasil persentase dari kepuasan berdasarkan 5 dimensi di dapatkan hasil persentase reablility (94%), responsive (94%), assurance (94%), empathy (94%), tangible (94%). Hasil dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan masuk kedalam kategori Sangat Puas dengan persentase sebayak 94%. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Pasien BPJS, Pelayanan Kefarmasian, Kedaton Bandar Lampung Daftar Bacaan : 18 (2002-2022) date: 2024-10-15 date_type: published full_text_status: restricted institution: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang department: Jurusan Farmasi thesis_type: diploma thesis_name: other citation: HABIFASYA, NADILA PUTRI (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/1/LEMBAR%20SAMPUL%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/2/ABSTRAK%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/3/KATA%20PENGANTAR%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/4/DAFTAR%20ISI%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/5/BAB%201%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/6/BAB%202%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/7/BAB%203%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/8/BAB%204%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/9/BAB%205%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/10/DAFTAR%20PUSTAKA%20DILA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7010/11/LAMPIRAN%20DILA.pdf