%0 Thesis %9 Diploma %A SAGITA, CHINTIANA DEWI %A Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, %A Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, %A D4 Teknologi Laboratorium Medis, %B Jurusan Teknologi Laboratorium Medis %D 2024 %F repo:7008 %I Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang %T HUBUNGAN TAT (TURNAROUND TIME) PEMERIKSAAN LABORATORIUM DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS WISMA RINI PRINGSEWU %U http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/7008/ %X ABSTRAK Kepuasan pasien diartikan sebagai tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien sebagai hasil dari kinerja pelayanan kesehatan yang diterimanya, setelah dibandingkan dengan harapannya. Salah satu faktor kunci keberhasilan pelayanan laboratorium adalah ketepatan waktu, yang dinilai melalui TAT (Turnaround time). Semakin tinggi tingkat kepuasan,semakin baik mutu pelayanan kesehatan yang diberikan. Jika pasien tidak merasa puas cenderung mereka akan memutuskan untuk tidak melakukan kunjungan ulang ke rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan TAT (Turnaround time) pemeriksaan laboratorium dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RS Wisma Rini Pringsewu. Jenis penelitian bersifat analitik. desain penelitian cross sectional, dilakukan pada bulan April s.d. Mei 2024 menggunakan Uji Fisher Exact. Responden penelitian berjumlah 191 responden. Rata-rata TAT kimia darah 47,1 menit, darah rutin 21 menit dan imunoserologi 25 menit dari ketiga pemeriksaan telah memenuhi SOP yang diberlakukan di RS Wisma Rini Pringsewu. Persentase pasien yang merasa puas pada pemeriksaan kimia darah, darah rutin dan imunoserologi sebesar 99% dan tidak puas sebesar 1%. Hasil penelitian menunjukan pemeriksaan kimia darah (p value 0,01), darah rutin (p value 0,007), dan imunoserologi (p value 0,028) dengan ini TAT (Turnaround time) pemeriksaan laboratorium (p value<0,05) ada hubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit Wisma Rini Pringsewu. Kata Kunci : Kepuasan pasien, TAT, Pemeriksaan laboratorium. Daftar Bacaan : 27 (2017 – 2024)