eprintid: 6820 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/68/20 datestamp: 2024-09-04 08:22:04 lastmod: 2024-09-04 08:22:04 status_changed: 2024-09-04 08:22:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NINGSIH, PIPIT KARTIKA creators_id: NIM 2313353084 contributors_name: SARIYANTO, IWAN contributors_name: KADARUSMAN, HARIS contributors_id: NIDN 4008097902 contributors_id: NIDN 4015086101 corp_creators: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang corp_creators: Jurusan Teknologi Laboratorium Medis corp_creators: D4 Teknologi Laboratorium Medis title: ANALISA STANDAR PELAYANAN MINIMAL PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD DEMANG SEPULAU RAYA ispublished: pub subjects: R1 subjects: RB divisions: sch_med abstract: ABSTRAK Pelayanan laboratorium patologi klinik merupakan salah satu pelayanan yang perlu dijaga kualitasnya. Hal tersebut diharapkan agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan menjadi nilai tambah untuk rumah sakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Standar Pelayanan Minimal pelayanan di instalasi laboratorium Patologi Klinik di Rumah SakitUmum Daerah Demang Sepulau Raya. Standar Pelayanan minimal untuk laboratorium patologi klinik yang diatur dalam Pemenkes No.129 tahun 2008 yaitu : Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium, pelaksanaan ekpertisi hasil pemeriksaan laboratorium, tidak adanya kesalahan penyerahan hasil pemeriksaan laboratorium, kepuasan pelanggan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pendekatan cross sectional, dan juga menggunakan kuisioner Permenpan No. 14 Tahun 2017 dengan sampel sebanyak 85 responden yang diolah dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. 129 Tahun 2008.. Hasil penelitian didapatkan waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium dengan rata-rata 43,5 menit atau sesuai dengan standar pelayanan minimal yaitu f 140 menit. Hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan ekspertisi sebesar 55% sehingga tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal karena Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan sebesar 100%. Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan laboratorium adalah 100%, hal ini sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang capaiannya adalah 100%. Kepuasan pelanggan di Instalasi Patologi Klinik RSUD Demang Sepulau Raya sebesar 86%, hal ini sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan sebesar 80%. Kata Kunci: Standar Pelayanan Minimal Daftar Bacaan: 17 (2008 – 2023) date: 2024-10-15 date_type: published full_text_status: restricted institution: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang department: Jurusan Teknologi Laboratorium Medis thesis_type: diploma thesis_name: other citation: NINGSIH, PIPIT KARTIKA (2024) ANALISA STANDAR PELAYANAN MINIMAL PELAYANAN INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK RSUD DEMANG SEPULAU RAYA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/1/LEMBAR%20SAMPUL.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/3/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/4/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/5/BAB%20I.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/6/BAB%20II.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/7/BAB%20III.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/8/BAB%20IV.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/9/BAB%20V.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6820/11/LAMPIRAN.pdf