%0 Thesis %9 Diploma %A TRETILIA, PUTU RARA %A Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, %A Jurusan Farmasi, %A D3 Farmasi, %B Jurusan Farmasi %D 2024 %F repo:6589 %I Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang %T GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAMRUMAH SAKIT ADVENTBANDAR LAMPUNG TAHUN 2024 %U http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6589/ %X ABSTRAK Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung koroner, penyakit ginjal kronis, stroke iskemik, serta hemoragik. Jika hipertensi dibiarkan tidak terkontrol maka akan menyebabkan komplikasi yaitu gagal jantung, penyakit pembuluh darah perifer, gagal ginjal, perdarahan retina, gangguan penglihatan, stroke dan demensia. Kepatuhan pada pasien hipertensi sangat penting karena dapat mengontrol tekanan darah penderita. Selain itu, kepuasan pengobatan yang rendah diantara pasien hipertensi merupakan penghalang untuk mencapai tingkat kepatuhan pengobatan hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan kepuasan pasien hipertensi rawat jalan di poliklinik penyakit dalam Rumah Sakit Advent Bandar Lampung dengan menggunakan lembar kuesioner MMAS-8 dan PSQ-18. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah 100 sampel. Hasil penelitian kepatuhan minum obat pasien hipertensi rawat jalan berdasarkan MMAS-8 yaitu pasien dengan kategori patuh sebanyak 25%, dan pasien dengan kategori tidak patuh sebanyak 75%. Kepuasan pasien hipertensi berdasarkan kuesioner PSQ-18 didapatkan seluruh responden memiliki kategori puas terhadap pelayanan di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung sebanyak 100%. Kata kunci : Hipertensi, Kepatuhan Minum Obat, MMAS-8, Kepuasan, PSQ-18 Daftar Bacaan : 56 (2008-2024)