%0 Thesis %9 Diploma %A UTAMI, SRI %A POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG, %A JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS, %A D4 TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS, %B JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS %D 2024 %F repo:6495 %I POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG %T ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI LABORATORIUM KLINIK UPT PUSKESMAS BANDUNGBARU KABUPATEN PRINGSEWU PROVINSI LAMPUNG %U http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6495/ %X ABSTRAK Laboratorium Klinik sebagai unit penyelenggara pelayanan publik memiliki peran sebagai penyedia layanan kesehatan yang melakukan pengukuran, penentuan, dan pengujian terhadap sampel yang berasal dari manusia. Berkembangnya teknologi dan meningkatnya ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan, mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi harapan tersebut. Salah satu langkah yang diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap pengguna layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepuasan pasien di Laboratorium Klinik UPT Puskesmas Bandungbaru Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan 14 item penilaian skala linkert. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2024, populasinya adalah pasien yang mendapatkan pelayanan di Laboratorium sebanyak 132 orang dan jumlah sampel 45 responden menggunakan metode Service Quality. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pada dimensi Tangible puas sebesar 51,1%, dimensi Reability puas sebesar 57,8%, dimensi Assurance sangat puas sebesar 55,5%, dimensi Responsivenness sangat puas sebesar 66,7%, dimensi Empathy puas sebesar 51,1%, tingkat kepuasan di Laboratorium UPT Puskesmas Bandungbaru sangat puas sebesar 51,1% dan didapatkan ketidakpuasan sebesar 1,3%. Kata Kunci : Laboratorium Klinik, Kepuasan Masyarakat, Mutu Pelayanan. Daftar Bacaan : 29 (2009-2023)