eprintid: 6433 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/64/33 datestamp: 2024-07-26 08:57:22 lastmod: 2024-07-26 08:57:22 status_changed: 2024-07-26 08:57:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Samosir, Fitriana Boru creators_id: NIM 2013353058 contributors_name: PURNOMO, AGUS contributors_name: LENDAWATI, LENDAWATI contributors_id: NIDN 4031087002 contributors_id: NIDN 4018100001 corp_creators: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang corp_creators: Jurusan Teknologi Laboratorium Medis corp_creators: D4 Teknologi Laboratorium Medis title: Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Laboratorium Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi ispublished: pub subjects: R1 subjects: RB divisions: sch_med abstract: ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan salah satu parameter yang menentukan kualitas pelayanan yang diberikan.Pasien yang merasa puas dengan layanan yang diberikan, otomatis meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Karena pasien akan kembali menggunakan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan laboratorium dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 orang.Metode pengambilan sampel dengan accidental sampling.Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan diagram kartesius dan bivariate menggunakan uji statistik Chi-square untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diketahui tingkat kesesuaian antara harapan dan kepentingan berdasarkan lima dimensi yaitu bukti fisik (Tangible) 90,47%, dimensi kehandalan (Reliability) 91,12% menunjukkan hasil belum memuaskan, sedangkan pada dimensi daya tanggap (Responsiveness) 92,25%, dimensi jaminan (Assurance) 94,04%, dan dimensi empati (Emphaty) 92,76% menunjukan hasil sudah memuaskan. Dan kemudian hasil uji bivariat tingkat pendidikan pasien terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05 dan pekerjaan terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05sehingga tidak ada hubunganyang signifikan antara pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien. Kata kunci :Tingkat Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Laboratorium, dan Importance Performance Analysisi (IPA) Daftar Bacaan :29 (2007-2024) date: 2024-10-15 date_type: published full_text_status: restricted institution: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang department: Jurusan Teknologi Laboratorium Medis thesis_type: diploma thesis_name: other citation: Samosir, Fitriana Boru (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Laboratorium Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/1/LEMBAR%20SAMPUL.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/3/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/4/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/5/BAB%20I.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/6/BAB%20II.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/7/BAB%20III.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/8/BAB%20IV.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/9/BAB%20V.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/6433/11/LAMPIRAN.pdf