%L repo6433 %A Fitriana Boru Samosir %X ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan salah satu parameter yang menentukan kualitas pelayanan yang diberikan.Pasien yang merasa puas dengan layanan yang diberikan, otomatis meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Karena pasien akan kembali menggunakan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan laboratorium dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 83 orang.Metode pengambilan sampel dengan accidental sampling.Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan Importance Performance Analysis (IPA) menggunakan diagram kartesius dan bivariate menggunakan uji statistik Chi-square untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini diketahui tingkat kesesuaian antara harapan dan kepentingan berdasarkan lima dimensi yaitu bukti fisik (Tangible) 90,47%, dimensi kehandalan (Reliability) 91,12% menunjukkan hasil belum memuaskan, sedangkan pada dimensi daya tanggap (Responsiveness) 92,25%, dimensi jaminan (Assurance) 94,04%, dan dimensi empati (Emphaty) 92,76% menunjukan hasil sudah memuaskan. Dan kemudian hasil uji bivariat tingkat pendidikan pasien terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05 dan pekerjaan terhadap tingkat kepuasan pasienp-value=1,000>0,05sehingga tidak ada hubunganyang signifikan antara pendidikan dan pekerjaan pasien terhadap tingkat kepuasan pasien. Kata kunci :Tingkat Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Laboratorium, dan Importance Performance Analysisi (IPA) Daftar Bacaan :29 (2007-2024) %D 2024 %I Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang %T Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Laboratorium Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Rawat Inap Sukabumi