%0 Thesis %9 Diploma %A RAHMAN, ANITA CYNTIA %A Poltekkes Tanjungkarang, %A Jurusan Kebidanan, %A D3 Kebidanan Tanjungkarang, %B Kebidanan Tanjungkarang %D 2021 %F repo:608 %I Poltekkes Tanjungkarang %T PENERAPAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP MOTORIK HALUS PADA AN. K DI PMB SITI HAJAR NATAR LAMPUNG SELATAN %U http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/608/ %X Data WHO 5-25% anak mengalami gangguan motorik halus. Di Indonesia, 16 % balita mengalami gangguan perkembangan, baik motorik halus dan kasar, gangguan pendengaran, kecerdasan kurang dan keterlambatan bicara. Hal ini terjadi dipicu oleh kurangnya deteksi dini dan kurangnya stimulasi yang diberikan untuk mendukung perkembangan motorik halus. Penulis tertarik untuk melakukan penerapan permainan puzzle terhadap motorik halus pada An.K. Tujuan asuhan kebidanan diberikan dengan menggunakan media permainan puzzle untuk meningkatkan perkembangan motorik halus pada An.K di PMB Siti Hajar pada bulan Februari – Mei 2021. Metode pada laporan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Pendekatan studi kasus yang berpedoman pada varney dan di dokumentasikan menggunakan SOAP. Hasil Asuhan yang diberikan pada An. K motorik halus anak berkembang sangat baik. Dengan media permainan puzzle bahwa permainan puzzle dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada An. K sehingga mengurangi resiko gangguan perkembangan motorik halus pada An. K , serta tidak terdapat kesenjangan antara asuhan yang diberikan penulis dengan teori. Kata kunci : Permainan puzzle, motorik halus Daftar bacaan : 13 ( 2015-2020 )