relation: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/ title: HUBUNGAN PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H.ABDUL MOELOEK TAHUN 2024 creator: WATI, OKTA DWI PUJA subject: RD Surgery description: ABSTRAK Pelayanan kesehatan bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan seseorang, pelayanan yang tepat dan sesuai standar akan memberikan kepuasan bagi pasien untuk menilai kinerja layanan kesehatan. Bedasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada bulan Desember 2023 di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD DR. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung, terhadap 10 responden ada 6 responden (60%) mengatakan ada beberapa perawat yang ketika melakukan tindakan tidak menjelaskan tindakan yang akan dilakukan, pasien juga mengeluh pada perawat namun perawat tidak segera mengambil tindakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan perawat dan komunikasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek provinsi Lampung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif analitik melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 responden penentuan sampel penelitian menggunakan sampel aksidental sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan variabel dependen kepuasan pasien dengan variabel independent pelayanan perawat dan komunikasi perawat digunakan uji Chi-square, dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar distribusi frekuensi responden dengan komunikasi yang diperoleh dari perawat kategori selalu sebesar 94% (78 orang). pelayanan yang diperoleh dari perawat kategori baik sebesar 96,4% (80 orang), sedangkan hasil korelasi didapatkan p-value = 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan perawat dan komnikasi dengan kepuasaan pasien di ruang rawat inap bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2024. Saran Perawat perlu mempertahankan pemberian pelayanan yang baik dengan member pelayanan tepat, cepat, selalu tersenyum dan ramah terhadap pasien. Kata Kunci Referensi : Komunikasi, Pelayanan, Kepuasan : 33 (2016-2022) date: 2024-10-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/2/ABSTRAK.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/3/KATA%20PENGANTAR.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/4/DAFTAR%20ISI.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/5/BAB%20I.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/6/BAB%20II.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/7/BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/8/BAB%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/9/BAB%20V.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5904/11/LAMPIRAN%20%282%29.pdf identifier: WATI, OKTA DWI PUJA (2024) HUBUNGAN PELAYANAN DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H.ABDUL MOELOEK TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.