TY - THES PB - POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG A1 - MARGARETA, SINTHIA Y1 - 2024/10/15/ AV - restricted ID - repo5842 M1 - diploma N2 - ABSTRAK Kepuasan pasien adalah keluaran (outcome) dari layanan kesehatan dan satu perubahan dari sistem layanan kesehatan yang ingin di lakukan serta merupakan tujuan akhir dari pemasaran suatu rumah sakit. Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan sering dikaitkan dengan adanya sisa makanan yang dikonsumsi oleh pasien. Sedangkan kualitas makanan meliputi penampilan makanan dan citarasa sehingga dapat mencapai asupan yang sesuai kebutuhan pasien selama dirawat. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu mengamati kepuasan pasien terhadap makanan yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepuasan pasien terhadap menu utama makanan biasa. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap kelas I, II, dan III RS DKT Baturaja Timur pada bulan April 2024 dengan cara wawancara dan observasi menggunakan instrumen form comstock dan kuesioner (penilaian terhadap penampilan, rasa makanan, kepuasan pasien, dan karakteristik responden) oleh peneliti. Rata-rata sisa makanan pasien terbanyak ada pada sayuran yaitu 31,4%. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa pasien yang kurang menyukai sayuran. Daya terima pasien terhadap penampilan yaitu warna menarik (73,3%), penyajian menarik (96,7%), dan porsi makanan menarik (96,7%). Sedangkan gambaran daya terima pasien terhadap cita rasa makanan yaitu rasa sesuai (86,7%), bumbu makanan sesuai (93,3%). Sebaiknya instalasi gizi perlu melakukan modifikasi menu makanan pasien terutama pada sayuran agar pasien tetap dapat memenuhi kebutuhan asupan makannya selama dirawat dan diharapkan mampu menerapkan kebijakan dalam penerapan menu makan pasien berdasarkan siklus menu yang telah ada. Peneliti juga berharap sebaiknya rumah sakit dapat membuat kebijakan terkait asupan makan selama dirawat, sehingga pasien tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan selain yang diberikan rumah sakit. Kata Kunci : Sisa Makanan, Kepuasan Pasien, Bentuk Makanan Biasa Daftar Bacaan : 38 (2004-2023) TI - GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MENU UTAMA MAKANAN BIASA KELAS I, II, dan III DI RUMAH SAKIT DKT BATURAJA TIMUR TAHUN 2024 UR - http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5842/ ER -