%L repo5744 %X Persepsi merupakan proses tanggapan, penerimaan langsung dari suatu serapan atau proses melalui pancainderanya. Layanan makan adalah kegiatan akhir dari proses penyelenggaraan makanan. Cita rasa makanan sensasi rangsangan serta stimulus yang ditimbulkan dari aroma, suhu, penampilan, rasa, tekstur, suhu serta kematangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi layanan makan dan cita rasa makanan biasa pada pasien kelas III di RSUD Jend. A. Yani Metro. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, sasaran penelitian ini adalah pasien kelas III yang mendapatkan makanan biasa. Variabel yang diteliti yaitu layanan makan makanan biasa dan cita rasa makanan biasa. Sampel penelitian ini berjumlah 41 sampel. Penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel. Distribusi makanan pada RSUD Jend. A. Yani seluruhnya sudah dalam kategori sesuai dengan presentase 100% dan cita rasa makanan seluruhnya dalam kategori sesuai dengan presentase 99,4 %. Kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukkan di RSUD Jend. A. Yani Metro untuk layanan makan dan cita rasa makanan sangat sesuai.Saran untuk instalasi gizi agar dilakukkan pengawasan besar porsi secara rutin oleh ahli gizi untuk menjamin kesesuaian porsi makanan terutama pada lauk hewani dan lauk nabati. menjaga suhu makanan agar tetap optimal dari makanan matang, pemorsian, sampai distribusi ke pasien perlu menyediakan lemari pemanas/penghangat untuk menyimpan makanan matang, serta adanya alat pemanas pada trolly makanan. %I POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG %T PERSEPSI DISTRIBUSI MAKANAN DAN CITARASA MAKANAN BIASA PADA PASIEN KELAS III DI RSUD JEND.A. YANI KOTA METRO TAHUN 2024 %D 2024 %A Andayu Gatrin Karisma