%L repo5569 %X ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan suatu tingkat yang dirasakan pasien setelah diberikan pelayanan kesehatan yang dibandingkan dengan harapan yang diinginkan (Engkus, 2019). Apabila keinginan dan kebutuhan pasien selalu mendapat perhatian maka akan memberi pengaruh terhadap kepuasan pasien. di RSU kota Semarang menunjukkan sebanyak 92,6% tidak puas dengan rasa makanan pagi. Hasil penelitian di RS Puri Cinere menunjukkan bahwa 60% pasien menilai rasa makanan cukup puas ,53% responden cukup puas terhadap penampilan makanan, 56% waktu distribusi tidak puas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien pada penampilan, rasa, peralatan dan waktu distribusi makan pagi di RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara menggunakan kuisioner dengan responden. Analisis yang dilakukan adalah univariat. Hasil penelitian di RSUD Alimudin Umar Lampung Barat menilai kepuasan penampilan makanan dengan skor 91.8% termasuk kategori puas, rasa makanan dengan skor 96.3% termasuk kategori puas, waktu distribusi makanan dengan skor 75.4% termasuk kategori tidak puas dan kebersihan peralatan dengan skor 96.8% termasuk kategori puas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada penampilan, rasa dan kebersihan peralatan temasuk kategori puas sedangkan pada waktu diatribusi makanan termasuk kategori tidak puas. Saran bagi instalasi gizi lebih memperhatikan lagi pada saat proses penggolahan makanan lebih lama lagi dan saat penggunaan bumbu lebih diperhatikan jumlahnya dan lebih menekankan lagi kepada pramusaji agar datang tepat waktu saat pendistribusian makanan. Kata kunci : Kepuasan, ketepatan, penampilan, peralatan, rasa makanan. Kespustakaan : 49 (2010-2022) %I Poltekkes KemenkesTanjungkarang %T GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MAKANAN BIASA PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD ALIMUDDIN UMAR LAMPUNG BARAT TAHUN 2023 %D 2023 %A ROSA AFRILIA