TY - THES PB - POLTEKKES KEMENKES TANJUNGKARANG A1 - SALSABILA DWI, FARAHDILLA Y1 - 2023/10/15/ AV - restricted ID - repo5267 M1 - diploma N2 - ABSTRAK Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia di Indonesia sebesar 23,9%. Sedangkan cakupan pemberian Tablet Fe di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 31,3%. Masalah anemia pada remaja biasanya disebebkan oleh asupan makan, pengetahuan gizi, sikap remaja putri, dan kepatuhan konsumsi tablet Fe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap serta kepatuhan dan dukungan guru dalam mengonsumsi tablet Fe pada remaja putri di Mts Nurul Huda Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023, dengan jumlah populasi sebanyak 183 remaja putri dan sampel sebanyak 66 remaja putri yang di ambil menggunakan metode Proporsional Random Sampling, pengambilan data dilakukan dengan kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan remaja putri tentang Tablet Tambah Darah sebanyak 56% dalam kategori kurang, sikap sebanyak 53% dalam kategori negatif, dan dukungan guru sebagian besar 82% dalam kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan remaja putri tentang TTD dalam kategori kurang, sikap dalam kategori negatif, dan dukungan guru dalam kategori kurang. Dari hasil tersebut disarankan kepada petugas kesehatan agar memberikan penyuluhan tentang pentingnya mengonsumsi TTD kepada remaja putri dan guru. Peran guru sangat penting untuk melaksanakan program penanggulangan anemia di dalam pendidikan di sekolah dengan cara mengadakan kegiatan mengonsumsi TTD yang dijadwalkan setiap seminggu sekali disertai dengan pemberian edukasi agar dapat mengubah sikap dan kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi TTD. Kata Kunci : Tablet Tambah Darah, Anemia Daftar Bacaan : 48 (2011 ? 2022) TI - GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SERTA DUKUNGAN GURU DALAM MENGONSUMSI TABLET FE PADA REMAJA PUTRI DI MTS NURUL HUDA KABUPATEN PRINGSEWU UR - http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/5267/ ER -