%L repo5148 %A M. IQBAL ASSEGHAF %X ABSTRAK Pelaksanaan discharge planning sangat penting bagi keberlangsungan perawatan kesehatan, dan menjadi suatu implementasi yang harus dilaksanakan oleh perawat dengan baik, Permasalahannya masih banyak implementasi discharge planning di rumah sakit di Indonesia masihdengan kategori cukup (83,24%). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan keterampilan perawat perioperatif dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan pada proses discharge planning. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional.Teknik sampling menggunakan total sampling dengan sampel perawat di ruang bedah sebanyak 35.Uji statistikmenggunakan uji chi square. Hasil analisaunivariatdidapatkan pengetahuan discharge planning perawat perioperatif yaitu pengetahuan baik sebanyak 24 responden (68,6%).Keterampilan discharge planning yaitu keterampilan baik sebanyak 20 responden (57,1%).Pelaksanaan pendidikan kesehatan yaitu pendidikan kesehatan baik sebanyak 23 responden (65,7%).Nilai p-value 0.01 (<0.05) yang artinya terdapat hubungan pengetahuan discharge planning perawat perioperatif dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan. Berdasarkan uji statistikdidapatkanhasilp-value (0.00) < α (0,05), halinidapatdisimpulkanbahwahubungan pengetahuan dan keterampilan perawat perioperatif dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan pada proses discharge planning. Di harapkan terus meningkatkan pengetahuan tentang pelaksanaan metode pendidikan kesehatan pada discharge planning dengan mengikuti seminar maupun workshop tentang kesehatan agar dapat meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan yang optimal. Kata Kunci : Pengetahuan, Keterampilan Discharge Planning, Pendidikan Kesehatan Daftar referensi : 22 (2012-2020) %D 2023 %I Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang %T HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERAWAT PERIOPERATIF DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN PADA PROSES DISCHARGE PLANNING DI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2022