eprintid: 4938 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 274 dir: disk0/00/00/49/38 datestamp: 2024-02-02 04:16:07 lastmod: 2024-02-02 04:16:07 status_changed: 2024-02-02 04:16:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SARI, ISMA YUNITA creators_id: NIM 1914301044 contributors_name: Udani, Giri contributors_name: Sunarsih, Sunarsih contributors_id: NIDN 4012026201 contributors_id: NIDN 4027086801 corp_creators: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang corp_creators: Keperawatan Tanjungkarang corp_creators: Str Keperawatan Tanjungkarang title: HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI RS YUKUM MEDICAL CENTRE LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023 ispublished: pub subjects: RD subjects: RT divisions: sch_civ abstract: ABSTRAK Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Tugas rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan adalah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat terutama di wilayah cakupannya. Sedangkan fungsi rumah sakit adalah menyelenggarakan pelayanan spesialistik atau medik sekunder dan pelayanan subspesialistik atau medik tersier. Sedangkan kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien, manajemen rumah sakit dapat melakukan peningkatan mutu pelayanan. Prosentase pasien yang menyatakan puas terhadap pelayanan berdasarkan hasil survai dengan instrument yang berlaku. Berdasarkan fenomena yang di temukan di rumah sakit Yukum Medical Centre yaitu Kasus yang sering terjadi sebagai akibat dari ketidakpuasan pasien adalah permohonan pindah ke rumah sakit lain (dirujuk), pulang dalam keadaan terpaksa sebelum sakitnya sembuh (pulang paksa). penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre Lampung Tengah Tahun 2023. Jenis Penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan Chi-square. Subjek penelitian pasien post operasi sebanyak 100 pasien. Instrument menggunalan kuesioner. Waktu penelitian bulan Maret-April tahun 2023. Hasil penelitian didapatkan 79 responden (79%) mendapatkan kualitas pelayanan keperawatan dengan baik dan 79 responden (79%) merasa puas. Uji statistik didapatkan hasil p-value = 0,000 ɑ (<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien post operasi di RS Yukum Medical Centre. Peneliti menyarankan agak terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan seperti terkontrolnya galon air minum secara teratur, kebersihan lingkungan dan pencahayaan serta saluran air agar tidak menimbulkan bau dan sarang nyamuk. Kata kunci : kualitas pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, mutu pelayanan rumah sakit Daftar Pustaka : 18 (2017 sd 2022) date: 2023-10-15 date_type: published full_text_status: restricted institution: Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang department: Jurusan Str Keperawatan Tanjungkarang thesis_type: diploma thesis_name: other citation: SARI, ISMA YUNITA (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI RS YUKUM MEDICAL CENTRE LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/1/LEMBAR%20SAMPUL.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/3/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/4/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/5/BAB%20I.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/6/BAB%20II.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/7/BAB%20III.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/8/BAB%20IV.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/9/BAB%20V.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/4938/11/LAMPIRAN.pdf