TY - THES AV - restricted Y1 - 2022/10/15/ A1 - AKBAR, FIRQOH TI - ANALISIS KUALITAS AIR BERSIH PELANGGAN PADA ZONA 145 PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022 UR - http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/3506/ ID - repo3506 M1 - diploma PB - Poltekkes Tanjungkarang N2 - Permasalahan yang dialami Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau dalam pelayanan air bersih yaitu masalah kualitas air bersih yang sampai ke pelanggan. Salah satu permasalahan yang menyebabkan kualitas air menurun yaitu pada saat air bersih di distribusikan kerumah pelanggan, air tersebut dapat terkontaminasi zat-zat yang berbahaya dan akan menyebabkan perubahan kualitas air dari reservoir ke air pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas air yang berada di reservoir hingga ke pelanggan di zona 145 ( kecamatan Tanjung Karang Pusat, Enggal, Teluk Betung Utara) dengan parameter pH, kekeruhan, sisa khlor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitas air dari PDAM Way Rilau yaitu di reservoir dan pelanggan pada tahun 2022. Data tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Kemudian untuk melihat kualitas air mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No 492 Tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum dan No 416 Tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air. Untuk kualitas yang berada di reservoir dan rumah pelanggan untuk pH yang terbesar 7,2 dan terendah 6,9, nilai kekeruhan yang terbesar adalah 0,60 NTU dan yang terendah 0,10 NTU, dan untuk sisa khlor 0,40 mg/lt dan terendah 0,20 mg/lt. Dari hasil diatas semua sudah memenuhi standar baku mu.Melakukan pengawasan pada kualitas air dan kondisi pipa secara rutin serta keadaan di sekitar pipa-pipa distribusi agar tidak ada pencemar yang masuk yang dapat mengkontaminasi air didalam pipa distribusi Kata Kunci : Kualitas Air, Reservoir, Air Pelanggan, PDAM Way Rilau ER -