%X Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkanya. Berdasarkan hasil Riskesdas 2018 hanya sejumlah 10,2% yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis. Angka ini masih kurang dari seharusnya masyarakat yang mengamali masalah 57,6% berdasarkan hasil Risksdas 2018 mendapatkan pelayanan kesehatan. Sedangkan Standar Pelayanan Minimal Kesehatan harus 100% dalam Peraturan Menteri Kesehatan PMK No 4 Tahun 2019. Berdasarkan data yang diperoleh dari jenis penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode penelitian analisis isi dari 5 jurnal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien. Pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien yaitu ada pengaruh wujud (tangible), keandalan (reliabiity), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance),empati (emphaty) terhadap kepuasan pasien. Disarankan dengan diketahuinya pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut dapat memberikan masukan terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut sehingga bisa menimbulkan kepuasan pasien. Kata kunci :Kepuasan pasien, wujud (tangible), keandalan (reliabiity), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), empati (emphaty) Daftar Bacaan : 18 (1994-2022) %I Poltekkes Tanjungkarang %L repo3262 %D 2022 %T PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP KEPUASAN PASIEN %A DITA ADILA