eprintid: 2645 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 14 dir: disk0/00/00/26/45 datestamp: 2023-02-02 04:10:35 lastmod: 2023-02-02 04:10:35 status_changed: 2023-02-02 04:10:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PRATIWI, FRESY ROSIKA creators_id: NIM : 1714401089 contributors_name: ASTUTI, TITI contributors_name: ROHAYATI, ROHAYATI contributors_id: NIDN 4016016501 contributors_id: NIDN 4030126401 corp_creators: Poltekkes Tanjungkarang corp_creators: Jurusan Keperawatan corp_creators: D3 Keperawatan Tanjungkarang title: ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN NYERI PADA KELUARGA DENGAN HIPERTENSIDI PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020 ispublished: pub subjects: RT divisions: sch_che abstract: Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat pada tahun 2015 menunjukan sekitar 1,13 miliar orang yang menyandang hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Prevelensi hipertensi di Indonesia pada penduduk mencapai 34,1% dari populasi 18 tahun ke atas. Menurut profil Dinas Kesehatan Provinsi Lampung 2017, dari 10 besar penyakit di Lampung hipertensi menempati posisi tertinggi dengan jumlah 25.081 penderita hipertensi yaitu sekitar 16,18%. Puskesmas Natar merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Lampung Selatan. Hipertensi merupakan salah satu penyakit terbanyak yang di derita oleh warga di sekitar Puskesmas Natar.Metode yang penulis gunakan dalam asuhan keperawatan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan keluarga, wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, pengkajian, diagnosa, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi.Dari hasil pengumpulan data penulis mengevaluasi bahwa asuhan keperawatan keluarga pada klien hipertensi dengan masalah keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan rasa nyaman nyeri dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan asuhan keperawatan keluarga selama 4 kali pertemuan pada klien untuk mengatasi nyeri pada klien hipertensi terjadi perubahan skala nyeri dengan hasil asuhan keperawatan pada klien hipertensi yaitu sebelum dilakukan tindakan keperawatan yaitu dengan skala nyeri 5 dan setelah dilakukan tindakan keperawatan yaitu dengan skala nyeri 1.Diharapkan Puskesmas Natar unuk lebih intensif dalam melakukan berbagai penyuluhan kesehatan di masyarakat. Bagi institusi pendidikan diharapkan laporan tugas akhir ini bisa menjadi referensi bacaan bagi peserta didik mengenai hipertensi. Kata Kunci : Hipertensi, Gangguan Rasa Nyaman Nyeri Daftar Bacaan : 19 (2004-2018) date: 2020-10-15 date_type: published full_text_status: restricted institution: Poltekkes Tanjungkarang department: Jurusan Keperawatan Tanjungkarang thesis_type: diploma thesis_name: other citation: PRATIWI, FRESY ROSIKA (2020) ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA NYAMAN NYERI PADA KELUARGA DENGAN HIPERTENSIDI PUSKESMAS NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Poltekkes Tanjungkarang. document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/1/1.%20LEMBAR%20SAMPUL.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/3/3.%20KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/4/4.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/5/5.%20BAB%20I.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/6/6.%20BAB%20II.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/7/7.%20BAB%20III.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/8/8.%20BAB%20IV.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/9/9.%20BAB%20V.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/10/10.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/2645/11/11.%20LAMPIRAN.pdf