@phdthesis{repo1271, month = {September}, title = {ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN GANGGUAN PROSES BELAJAR PADA ANAK DI SD NEGERI 1 HAJIMENA NATAR LAMPUNG SELATAN}, school = {Poltekkes Tanjungkarang}, year = {2020}, author = {DORA, APUTYA AFRIAN}, url = {http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/1271/}, abstract = {Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja. Pada anak terdapat rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yaitu rentang cepat dan lambat. Proses berkembang anak memiliki ciri fisik, kognitif, konsep diri, pola koping dan perilaku sosiaL, sedangkan gangguan proses belajar (Disorder) adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi. Laporan tugas akhir ini berjutuan untuk memberikan asuhan keperawatan anak dengan gangguan proses belajar di SD 01 Haji Mena Natar Lampung Selatan. Penulis melakukan pendekatan keperawatan berfokus pada anak dengan gangguan proses belajar pada anak. Subjek asuhan keperawatan menggunakan satu subjek yang sudah direkomendasikan oleh guru wali kelas yaitu anak dengan gangguan proses belajar. Pengumpulan data menggunakan proses keperawatan dengan teknik pemberian asuhan keperawatan yang digunakan adalah metode observasi melalui wawancara pada individu serta melakukan wawancara pada guru. Kesimpulan dari hasil asuhan keperawatan ini bahwa terdapat keberhasilan pemberian asuhan keperawatan selama 6 hari pada subjek gangguan proses belajar pada anak, terlihat kemajuan pada anak yaitu mampu menyimak saat guru menerangkan pelajaran, tanpa harus menunduk dan menoleh ke kanan dan ke kiri, serta anak sudah bisa mengenal huruf dan angka berserta membaca dan menulis. Penulis menyarankan agar menerapkan komunikasi teraupetik tanpa harus memarahi dan menghukum anak dengan cara menasehati serta mengajarkan anak dengan rasa empati dan juga dengan pujian. Kata kunci : Gangguan Proses Belajar Daftar bacaan : 30 bacaan (2000-2017)} }