%0 Thesis %9 Diploma %A KURNIAWAN, MUHAMMAD RIDHO %A Poltekkes Tanjungkarang, %A Jurusan Kesehatan Lingkungan, %A D3 Farmasi, %B D3 Farmasi %D 2021 %F repo:1247 %I Poltekkes Tanjungkarang %T GAMBARAN KEPUASAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA MEDICAL REPRESENTATIVE (STUDI PADA 2 PERUSAHAAN FARMASI) DI BANDAR LAMPUNG %U http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/id/eprint/1247/ %X Perusahaan farmasi merupakan perusahaan obat-obatan yang berfokus pada mendistribusikan obat, mengembangkan dan juga meneliti dalam hal kesehatan. Semakin banyaknya perusahaan farmasi, maka persaingan dalam dunia pemasaran juga akan meningkat. Sumber daya manusia sangat dibutuhkan perusahaan farmasi agar dapat meningkatkan kualitas dan kinerja pemasaran. Medical Representative merupakan pekerjaan yang berguna untuk memasarkan produk, khususnya obat-obatan dan alat kesehatan. Kinerja Medical Representative sangatlah penting bagi perusahaan, terutama dalam hal pencapaian target penjualan. Penilaian terhadap kinerja Medical Representative bertujuan untuk mengetahui kepuasan yang dirasakan perusahaan atau pelanggan. Medical Representative yang bekerja pada perusahaan farmasi di Bandar Lampung tidak seluruhnya berlatar belakang pendidikan kesehatan, terdapat juga Medical Representative dengan latar belakang pendidikan non-kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan Supervisor terhadap kinerja Medical Representative pada 2 perusahaan farmasi di Bandar Lampung. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik total sampling ini mengambil sampel penelitian dari seluruh populasi yang ada. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh Medical Representative pada 2 perusahaan farmasi dengan total 16 sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sampel yang masih aktif bekerja di tahun 2021 memiliki persentase terbanyak berdasarkan usia dengan rentang 20-29 tahun sebesar 75%, jenis kelamin laki-laki 69%, jenjang pendidikan lulusan sarjana (S1) 56%, latar belakang pendidikan non-kesehatan 81%, sedangkan untuk divisi kerja yaitu divisi ethical 44%. Hasil kepuasan Supervisor terhadap kinerja Medical Representative berdasarkan latar belakang pendidikan yang ditinjau dari kualitas pelayanan sebesar 69,2% sangat puas (non-kesehatan) dan 66,7% sangat puas (kesehatan). Kata kunci : Kinerja, Medical Representative, Supervisor, Bandar Lampung Daftar bacaan : 37 (2000-2019)